Soloraya
Minggu, 8 Juni 2014 - 17:45 WIB

Prabowo Datang, Ratusan Peziarah di Makam Pak Harto Terpaksa Menunggu Berjam-jam

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Capres Prabowo Subianto (kanan) menerima karangan bunga dari putri pertama mantan Presiden Soeharto, Siti Hardiyanti Rukmana (tengah) saat ziarah di makam mantan Presiden Soeharto, Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Minggu (8/6/2014). Turut hadir pada haul mantan Presiden Soeharto tersebut Siti Hediati Heriyadi, Aburizal Bakrie, dan Akbar Tanjung. (JIBI/Solopos/Ardiansyah Indra Kumala)

Solopos.com, KARANGANYAR—Ratusan pengunjung Astana Giribangun yang akan melakukan ziarah ke Makam mantan Presiden Soeharto, Minggu (8/6/2014), terpaksa menunggu berjam-jam. Hal ini lantaran kawasan Astana Giribangun tengah digunakan untuk acara haul Soeharto yang didatangi calon presiden (Capres) Prabowo Subianto.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, pengunjung yang datang dari luar Karanganyar berdatangan ke kawasan Astana Giribangun sejak pukul 09.00WIB. Namun Astana Giribangun ditutup untuk umum lantaran digunakan untuk acara haul yang dihadiri Capres Prabowo Subianto. Selain itu haul dihadiri kedua putra Soeharto, Siti Hadiyati Rukmana alias Mbak Tutut dan Siti Hediyati atau biasa disapa Mbak Titiek.

Advertisement

Mereka pun telantar dan menunggu dengan duduk di sekitar tangga area parkir kendaraan B hingga acara selesai. Astana Giribangun baru dibuka untuk umum pukul 15.00 WIB. Salah satu pengunjung dari Bantul, Marni ketika dijumpai Solopos.com mengaku bersama rombongan pengajian datang untuk berziarah ke Makam Soeharto sejak pukul 10.00 WIB. Namun tidak bisa masuk ke lokasi lantaran kawasan Astana Giribangun ditutup untuk umum sementara waktu.

“Kami harus menunggu sampai pukul 15.00 WIB baru dibuka. Kami jelas kecewa sudah jauh-jauh datang ke sini, tapi harus menunggu lama,” tuturnya.

Dia menuturkan tidak mengetahui adanya acara haul mantan Presiden Soeharto di Astana Giribangun pada hari itu. Diakuinya, tidak hanya dirinya yang terlantar dan tertahan tak bisa masuk ke kawasan Astana Giribangun. Tapi juga ada ratusan pengunjung lainnya yang datang ke sana.

Advertisement

“Tadi banyak yang datang ke sini. Sampai ada yang balik lagi karena sudah menunggu lama tidak bisa masuk,” tuturnya.

Senada disampaikan pengunjung lain dari Semarang, Widodo. Dia mengaku datang ke makam Soeharto untuk berziarah bersama keluarga besarnya. Namun dirinya terpaksa tertahan tak bisa masuk ke kawasan Astana Giribangun. “Ini menunggu belum bisa masuk. Tapi lumayan tadi bisa lihat Pak Prabowo dari dekat,” tuturnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif