Otomotif
Minggu, 8 Juni 2014 - 03:00 WIB

MOBIL BARU : Inilah E-Range, Mobil Kargo Listrik yang Futuristik

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil van listrik Liberty (autoblog.com)

Solopos.com, SOLO — Liberty Car Electric, anak perusahaan Green Automotive Company yang bermarkas di Inggris, membuat sebuah prototype mobil van listrik yang diberi nama E-Range. Sepintas, bentuk mobil tersebut tidak memperlihatkan seperti mobil van pada umumnya.

Namun mobil bertenaga listrik tersebut sangat futuristik. Bahkan tampilannya terlihat layaknya mobil konsep van dan memberikan unsur praktis yang built in pada kendaraan.

Advertisement

Sebagaimana dilansir autoblog.com, Senin (2/6/2014), mobil van listrik itu memiliki berat 4,850 ton dan mampu mengangkat muatan seberat 1.543 pon. Liberty mengklaim kapasitas E-Range 18 persen lebih besar daripada kendaraan wheelbases serupa. Mobil ini dirancang sebagai mobil kargo yang argonomis berkat interior yang fleksibel.

Sebagai mobil kargo, fasilitas yang ditawarkan adalah pilar tertutup di segala sisi serta sistem buka tutup pintu barang yang memudahkan. Kargo van listrik ini juga menggunakan roda sporty. Listrik untuk menggerakan roda (powetrain) berasal dari baterai yang berisi 80 sel prismatik Li-NMC (nikel lithium mangan oksida kobalt).

Sayangnya Liberty tidak menyebutkan ada berapa roda mobil yang bisa digerakkan dengan baterai tersebut dan seberapa cepat baterai dapat diisi lagi. Namun mobil van ini diklaim dapat menjangkau jarak 62 mil per jam.

Advertisement

Mobil ini kali pertama akan diperkenalkan pada FISITA World Automotive Congress yang dimulai pada Senin (2/6/2014), di Inggris. Dipastikan mobil ini bakal menjadi bahan pembicaraan yang menarik karena bentuknya yang tidak biasa.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif