Jogja
Jumat, 6 Juni 2014 - 12:34 WIB

Wow, Biaya Pelantikan dan Seragam Baru Caleg DPRD Gunungkidul Rp359 juta

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Biaya pelantikan plus seragam baru untuk calon legislator (caleg)  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul terpilih yang memakan uang ratusan juta rupiah dipertanyakan.

Aktivis Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) Rino Caroko menganggap biaya pelantikan yang menggunakan anggaran sebesar Rp359 juta merupakan hal yang tidak logis dan hanya pemborosan. Apalagi, langkah tersebut berbanding terbalik dengan kondisi masyarakat di Gunungkidul.

Advertisement

“Masih banyak warga dalam kondisi sengsara. Apalagi saat ini banyak desa-desa yang mulai dilanda kekeringan,” katanya kepada Harianjogja.com, Kamis (5/6/2014).

“Kalau sejak awal sudah berlimpah dengan uang, terus bagaimana kelanjutannya nanti? Takutnya, kepekaan itu memudar padahal mereka-mereka adalah penyambung aspirasi dari warga,” papar Rino.

Harusnya, kata dia, biaya pelantikan tidak sampai ratusan juta karena cukup dengan uang Rp20 juta.

Advertisement

Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Gunungkidul Bambang Riyanto menegaskan anggaraan pelantikan dan pembuatan seragam baru tidak dapat diganggu gugat karena sudah diputuskan. Untuk pembuatan seragam baru, saat ini legislator terpilih sudah pengukuran badan.

Untuk biaya pelantikan sebesar Rp101 juta, Bambang menjelaskan anggaran itu tidak hanya untuk pelantikan anggota Dewan baru. Di dalamnya sudah termasuk untuk pelantikan pimpinan DPRD Gunungkidul.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif