News
Kamis, 5 Juni 2014 - 14:10 WIB

PILPRES 2014 : Survei SSSG: Jokowi Unggul Hampir di Setiap Aspek

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Capres Joko Widodo (dua dari kiri) bersama isteri dan Cawapres Jusuf Kalla bersama isteri (JIBI/Bisnis/dok)

Solopos.com, JAKARTA– Soegeng Sarjadi School of Goverment (SSSG) melakukan telesurvei terkait penilaian publik terhadap figur pasangan capres dan cawapres yaitu Joko Widodo-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Ditektur SSSG Fadjroel Rahman mengatakan berdasarkan hasil survei SSSG, elektabilitas Jokowi-JK lagi-lagi lebih unggul dari pasangan Prabowo-Hatta.

Advertisement

“42,65% responden mengaku akan memilih Jokowi-JK pada Pilpres 9 Juli 2014, sedangkan Prabowo-Hatta mendapat dukungan 28,35% dan 29% sisanya tidak tahu akan memilih siapa,” kata Fadjroel ketika mempresentasikan hasil telesurvei SSSG di Hotel Four Season, Jakarta, Kamis (5/6).

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa hasil survei menunjukkan pasangan Jokowi-JK hampir unggul dalam berbagai aspek dan kategori.

Advertisement

Selain itu, dia mengungkapkan bahwa hasil survei menunjukkan pasangan Jokowi-JK hampir unggul dalam berbagai aspek dan kategori.

Pada kategori sebagai pasangan yang paling perhatian terhadap rakyat. Jokowi-JK dinilai lebih unggul, dibandingkan dengan Prabowo-Hatta.

“Sebanyak 58% responden mengatakan Jokowi-JK yag paling perhatian terhadap rakyat, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta hanya mendapat penilaian sebanyak 25%, sisanya sebanyak 18% responden mengaku tidak tahu,” jelasnya.

Advertisement

Terkait aspek kejujuran, Jokowi-JK mendapat nilai tertinggi. 55% reponden menilai mereka sebagai pasangan yang paling jujur, sedangkan Prabowo-Hatta mendapat 21%, dan 23% tidak tahu.

Lebih lanjut, Fadjroel mengungkapkan dari segi aspek bebas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) Jokowi-JK kembali mendapat lebih unggul dari Prabowo-Hatta.

“51% responden memilih Jokowi-JK sebagai pasangan yang paling bersih dari KKN, kemudian Prabowo-Hatta 24% dan 25% tidak tahu,”ujarnya.

Advertisement

Jokowi-JK juga unggul dalam penilaian terkait pasangan dengan gagasan yang dinilai paling prospektif. 47% responden memilih Jokowi-JK sebagai pasangan berpikir jauh kedepan, Prabowo-Hatta 34%, dan 19% tidak tahu.

Selanjutnya, dalam aspek pasangan yang dinilai paling mampu mengatasi permasalahan di Indonesia, lagi-lagi pasangan Jokowi-JK mendapat nilai tertinggi.

Sebanyak 47% responden menilai pasangan Jokowi-JK sebagai problem solver, kemudian Prabowo-Hatta 33% dan 20% sisanya tidak tahu.

Advertisement

Adapun, untuk aspek slogan kampanye yang paling disukai, Prabowo-Hatta dinilai lebih unggul dari Jokowi-JK. 56% responden menilai Prabowo-Hatta memiliki slogan kampanye yang paling disukai, sedangkan Jokowi-JK mendapat penilaian 44%.

Telsurvei ini dilakukan terhadap 1250 responden, dengan waktu penelitian dari tanggal 26 Mei 2014- 4 Juni 2014. Tingkat keyakinan 95% dan perkiraan sampling error penelitian 2,78%.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif