Otomotif
Rabu, 4 Juni 2014 - 13:09 WIB

BISNIS OTOMOTIF : Fortuner VTN Turbo Dongkrak Penjualan Kelas SUV

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO–Pasar mobil sport utility vehicle (SUV) cukup ketat. Meski begitu, Nasmoco optimistis mampu meningkatkan penjualan dengan adanya tipe baru, yakni Fortuner VNT Turbo.

Branch Manager Nasmoco Slamet Riyadi, Ainur Rafiq, menyampaikan saat ini penjualan SUV sebanyak 70-an unit per bulan. Dari total penjualan tersebut, Toyota mampu merebut pasar lebih dari 28% atau mampu menjual 25 unit setiap bulannya. Diakui Rafiq, penjualan tersebut belum memenuhi target, yakni 30 unit per bulan. Namun menurut dia, kendala terpenuhinya target penjualan tersebut karena banyak yang menginginkan tipe TRD matik.

Advertisement

Padahal produksi tipe tersebut terbatas sehingga persediaan yang ada belum mampu untuk memenuhi kebutuhan pasar.

“Pasar cukup bagus tapi kebanyakan menginginkan tipe TRD matik padahal produksinya terbatas. Tak bisa dipungkiri memang, banyak konsumen yang menginginkan kendaraan yang mewah dan tangguh serta irit,” ungkapnya saat dihubungi solopos.com, Selasa (3/6/2014).

Meski begitu, dia mengaku optimistis penjualan akan meningkat karena selalu ada penyempurnaan desain dan mesin yang digunakan. Apalagi, Toyota juga memiliki varian baru, yakni Fortuner VNT Turbo. Tipe baru tersebut menurut Rafiq, menawarkan power yang lebih besar karena spesifikasinya ditambah 40 tenaga kuda yang membuat kendaraan ini semakin cepat. Selain itu, performanya juga tangguh dan nyaman terutama di tanjakan.

Advertisement

Lebih lanjut, dia menyamaikan juga memfasilitasi terbentuknya komunitas untuk meningkatkan penjualan. Rafiq menerangkan komunitas ini sangat membantu dalam meningkatkan penjualan. Hal ini karena apabila ada anggota komunitas ada yang ingin membeli kendaraan baru, biasanya akan membeli produk Toyota karena sudah mengenal berbagai tipe Toyota.

Dia menyampaikan Fortuner Community Solo yang baru terbentuk pada 19 Februari lalu ini sering mengadakan kegiatan seperti kumpul besama setiap dua pekan sekali. Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah mengadakan touring ke Dieng.

Rombongan ini menurut Rafiq sengaja mengambil jalur melalui Selo menuju Magelang dan Wonosobo. Hal ini karena juga untuk melakukan uji kelihaian mengemudi dan ketangguhan serta kenyamanan.
Pada acara tersebut pihaknya juga singgah ke Nasmoco Magelang dan Wonosobo. Melalui kegiatan tersebut, rafiq menuturkan ingin menunjukkan bahwa jaringan Nasmoco sangat luas dan menjangkau berbagai wilayah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif