News
Minggu, 1 Juni 2014 - 04:00 WIB

Mahkota Emas Pemakaman Raja Richard III Dipamerkan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahkota Raja Richard III (dailymail.co.uk)

Solopos.com, YORK – Tak banyak yang mengetahui keindahan mahkota pemakaman Raja Richard III yang berkuasa di Inggris 600 tahun lalu. Kini semua orang dapat melihat mahkota berlapis emas tersebut  setelah dipamerkan di Kota York, Inggris.

Penemuan mahkota sejarah tersebut dilakukan oleh seorang sejarawan terkemuka terlibat dalam penggalian bersama dengan tim arkeolog. Mahkota serta jasad kerangka Raja Richad di temukan di bawah tempat parkir mobil di Leicester, Inggris.

Advertisement

Raja Richard III tewas dalam pertempuran Bosworth pada tahun 1485. Mayatnya dibawa ke Leicester, Inggris oleh pendukung Henry VIII dan dimakamkan di Gereja Greyfriars yang kini telah beralih fungsi menjadi parkir mobil.

Saat itu, Dr John Ashdown-Hill  yang hidup di masa Raja Richard III memerintahkan untuk membuat mahkota berlapis emas sebagai tanda penghormatan terakhir kepada sang raja. Mahkota tersebut dibuat dengan ukiran bunga mawar putih dan dihiasi permata yang indah.

Dikutip Daily Mail, Jumat (30/4/2014), mahkota itu dibuat oleh ahli perhiasan dari abad pertengahan, George Easton yang terinspirasi dari desain artefak sejarah. Pada ukiran mawar yang terlihat di mahkota tersebut dibuat dari permata rubi dan safir untuk mewakili House of York, Inggris yang juga dihiasi dengan mawar putih.

Advertisement

Rencananya jasad Raja Richard III akan segera dipindahkan di Katedral Leicester, Inggris demi penghormatan pada raja untuk mendapatkan pemakaman yang layak. Namun, kerabat jauh dari sang raja justru menolak tawaran tersebut dengan dalih pemakaman tersebut merupakan keinginan dari raja terdahulu.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif