Jogja
Minggu, 25 Mei 2014 - 15:30 WIB

INTERNATIONAL STUDENT GREEN CAR COMPETION 2014 : Tim Garuda UNY Melesat Tercepat

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - (IST/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, JOGJA-Tim Garuda UNY Racing Team (GURT) berhasil meraih peringkat satu dan tiga di kategori acceleration dalam kejuaran International Student Green Car Competition 2014, di Korea Selatan, Jumat (23/5/2014). Mereka berhasil menyabet gelar dari kejuaraan yang mempertandingkan dua kategori lomba untuk mobil hybrid dan listrik yaitu acceleration dan maneuverability.

Alhamdulillah sekali anak-anak berhasil meraih juara dalam perlombaan tersebut. Hasil ini membuktikan bahwa anak-anak bisa bersaing dengan mahasiswa Asia lainnya,” ujar Rektor UNY Prof. Rochmat Wahab yang dihubungi Harianjogja.com, Sabtu (24/5/2014).

Advertisement

Menurut dia, capaian hasil yang diperoleh mahasiswanya tersebut tidak lepas dari ketekunan, keuletan serta kesiapan tim sebelum mengikuti perlombaan. Mereka mempersiapkan diri jauh-jauh hari sebelum turun dalam perlombaan.

“Ke depan dengan hasil tersebut, kami akan coba ikutkan mereka dalam perlombaan di tingkat yang lebih tinggi, seperti di Amerika Serikat,” imbuh dia.

Selain mengikutkan dalam perlombaan lain, Rochmat berharap ke depan bisa menggandeng sejumlah industri otomotif tingkat nasional agar teknologi mobil hybrid dan listrik bisa dikembangkan. Salah satunya adalah dengan menggelar semacam perlombaan dengan peserta sejumlah perguruan tinggi yang memiliki mobil hybrid dan listrik.

Advertisement

“Bisa saja nantinya dibuat semacam semi Formula 1. Tujuannya adalah mengikutsertakan semua pihak agar mengembangkan teknologi tersebut,” harap dia.

Public Relation GURT, Dyah Nurul Hajar menyatakan timnya telah mendobrak Korea Selatan di hari pertama pelaksanaan 2014 International Student Green Car Competition, Jumat (23/5/2014).

“Kedua tim yang masing-masing mengusung EVO (Electric Vehicle Odyssey) dan HYVO (Hybrid Vehicle Odyssey) sebagai jago lajunya mampu bersaing dan mengungguli lawan-lawan yang berasal dari negara-negara di Asia,” ujarnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif