News
Jumat, 23 Mei 2014 - 17:30 WIB

Status Merapi Kembali ke Aktif Normal

Redaksi Solopos.com  /  Amiruddin Zuhri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (JIBI/Solopos/Antara/Teresia May)

JOGJA—Status Gunung Merapi secara resmi diturunkan dari Waspada (Level II) ke Aktif Normal (Level I) pada Jumat (23/05/2014) pukul 16.00 WIB. Inilah untuk kali pertama status Merapi hanya berhenti di level Waspada untuk kemudian turun lagi.

Informasi turunnya status Merapi disampaikan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui broadcast messenger Blackberry. Keputusan diambil setelah melakukan evaluasi terhadap kegempaan gunung yang berada di perbatasan DIY-Jateng tersebut. ”Berdasarkan hasil evaluasi data pemantauan secara instrumental dan visual disimpulkan bahwa status Gunung Merapi turun dari Waspada ke Normal,” demikian bunyi pesan tersebut.

Advertisement

Sebelumnya dilaporkan pada Jumat (23/05/2014) dari pukul 00.00 WIB-07.00 WIB tidak terjadi kegempaan sama sekali. Sementara sehari sebelumnya terjadi gempa guguran sebanyak delapan kali, tektonik satu kali, dan tektonik jauh 1 kali. Dari hari ke hari kegempaan gunung tersebut memang menunjukkan penurunan.

Status Merapi dinaikkan menjadi Waspada pada 30 April 2014 malam setelah terjadi peningkatan gempa vulkanik serta dentuman berulang-ulang. Sebelumnya gunung tersebut tidak pernah turun status sebelum erupsi atau meletus. Ketika status naik ke Waspada selalu merambat ke Siaga, Awas sebelum kemudian meletus dan secara pasti pula kemudian turun hingga waspada. Sehingga penurunan status kali ini bisa dikatakan sebagai pertama dalam sejarah gunung yang termasuk paling aktif di dunia tersebut.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif