Jogja
Jumat, 23 Mei 2014 - 19:30 WIB

PENGHARGAAN : Manthous Dijadikan Nama Jalan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Manthous semasa masih hidup (IST)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Bupati Gunungkidul Badingah meresmikan Jalan Manthous sebagai wujud penghargaan atas prestasi maestro musik asal Gunungkidul pada Kamis (22/5/2014).

Perubahan nama ini sesuai dengan SK No 140/KPTS/2014 tentang Perubahan Nama Jalan. Upaya pemberian nama untuk jalan penghubung Wonosari-Playen ini merupakan wujud pemerintah setempat menghargai penggagas musik campur sari tersebut.

Advertisement

Bupati Gunungkidul Badingah dalam sambutannya memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap almarhum. Jerih payah dari Manthous tak hanya dinikmati pribadi atau keluarga saja, tapi juga masyarakat Gunungkidul ikut terangkat dengan apa yang ditorehkan ayah empat anak itu.

“Hasil karya Manthous akan terus dikenal. Setiap karya yang dihasilkan memiliki ciri khas tersendiri, terutama selalu menampilkan musik khas campursari dengan langgam-langgam Jawa, rock, reggae, gambang kromong, dan sebagainya,” terangnya.

Dalam setiap penampilannya, Manthous merupakan seniman yang selalu mengajak penyanyi lain seperti Sulasmi dari Sragen, Minul dari Gunungkidul dan Sunyahni dari Karanganyar. Adapun karyanya yang banyak dikenal oleh orang di seantero Indonesia antara lain Gethuk, Anting-anting, Nyidamsari, Gandrung, dan Kutut Manggung.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif