Jogja
Jumat, 23 Mei 2014 - 05:01 WIB

PENDIDIKAN : Paguyuban PAUD Baleharjo Kenalkan Pemadam Kebakaran ke Kalangan Usia Dini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 80 anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari mengikuti pengenalan pemadam kebakaran, Rabu (21/5/2014).

Ketua Paguyuban PAUD Nonformal se-Baleharjo Ervin Sutrisno mengatakan peserta berasal dari lima lembaga. Kegiatan kemarin merupakan pendukung materi sekolah mengenai air, api dan udara.

Advertisement

“Untuk api, kami sengaja mengajak ke UPT [Unit Pelaksana Teknis] Pemadam Kebakaran Gunungkidul,” paparnya di kantor UPT Pemadam Kebakaran, kemarin.

Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengenalkan anak-anak kepada petugas pemadam kebakaran dan tugasnya. Anak anak juga diajak untuk mengenal alat-alat untuk memadamkan kebakaran dan fungsinya.

Setelah mendapatkan penjelasan, guru dan walimurid diajak berpartisipasi memadamkan api dengan pemadam api sederhana maupun karung goni basah. Siswa dalam kesempatan tersebut juga belajar memadamkan api bersama menggunakan penyemprot air.

Advertisement

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul Diyono mengaku sering mendapatkan kunjungan dari sekolah-sekolah. Tim pemadam kebakaran pun menyambut dengan senang hati.

“Melalui kegiatan ini kami bisa mengenalkan kepada anak-anak mengenai tugas kami, alat yang digunakan dan fungsinya,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif