News
Jumat, 23 Mei 2014 - 06:00 WIB

DIES NATALIS UNY : Fokus Pendidikan Karakter Demi Wujudkan Kampus Kelas Dunia

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Harianjogja.com, JOGJA–Mengiringi perayaan Dies Natalis ke-50 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu (21/5) ingin tinggal landas menuju World Class University.

Rektor UNY Rochmat Wahab dalam pidato sambutannya mengatakan sudah saatnya kampus mengembangkan wawasan lebih luas sehingga memantapkan kapasitasnya yang kini sudah berusia setengah abad. Mengusung tema Memantapkan Pendidikan Karakter untuk Menghasilkan Insan Bermoral, Humanis dan Profesional, UNY berkomitmen menjadi leading in charactereducation.

Advertisement

“Kami sangat menyadari tidaklah mudah membangun pendidikan karakter yang memiliki efektivitas yang tinggi,karena pencapaian keberhasilan pendidikan karakter tidak selalu mulus jalannya” ujar Rochmat Wahab saat menyampaikan sambutannya.

Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial UNY, Ahmad Syafii Maarif turut memberikan pemahaman mengenai pentingnya pembangunan karakter. Menurut dia, arti karakter bagi manusia, sama dengan kemudi bagi sebuah kapal. Karakter adalah kemudi bahtera kehidupan seorang manusia.

Sebagai sarana untuk pendidikan karakter diperlukan lima sikap dasar awal untuk membangun karakter yang baik dan positif, yaitu menegakkan kejujuran, keterbukaan, komitmen, kemampuan berbagi serta keberanian mengambil risiko dan bertanggung jawab. Adapun pelengkapnya ada tiga kata kunci sebagai syaratnya diperlukan niat baik dan tulus, permohonan akan perkenan Tuhan dan pandai bersyukur.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif