News
Kamis, 22 Mei 2014 - 21:08 WIB

KERJA SAMA : 6 Universitas di Jepang Jadi Mitra UAD

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogja. (Istimewa)

Harianjogja.com, JOGJA–Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mulai merealisasikan kerja sama dengan enam perguruan tinggi di Jepang. Dalam kunjungannya ke Negeri Sakura sepanjang April 2014, tim akademik UAD menjalin kesepakatan kerja sama dengan Tottory University, Totory University of Enviromental Studies (TUES), NAIST, Osaka University, Dosisha University dan Shinjuku Japanese Institute.

Kunjungan pertama tim UAD berlangsung 14 April lalu di Totory University. Dari kesempatan ini, tim UAD mengunjungi laboratorium yang dimiliki kampus yang berada di Kota Totory itu. Dari sini, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UAD berencana mendatangkan salah satu profesor dari kampus itu untuk tampil sebagai pembicara konferensi internasional di UAD, Oktober 2014 nanti.

Advertisement

Di TUES, delegasi UAD menindaklanjuti program cultural camp yang akan digelar 2015. Kerja sama dengan kampus ini dilakukan dalam bentuk pertukaran studi dengan tema sea turtle conversation. Selanjutnya, di NAIST University, delegasi mengungkapkan rencananya akan mengirimkan tiga dosen UAD untuk menempuh studi doctoral degree di NAIST.

Di Osaka University, delegasi UAD bahkan diterima secara langsung oleh pimpinan tertinggi kampus itu. Dengan kampus itu, UAD menggalang kerja sama dalam bidang penelitian dan publikasi.

Kunjungan terakhir, di Shinjuku University, tim UAD membahas rencana pendirian pusat kursus bahasa Jepang di Jogja. Shinjuku juga akan mengirimkan pengajar untuk member mata kuliah bahasa Jepang di UAD.

Advertisement

Rektor UAD, Kasiyarno menekankan, Jepang merupakan negara yang punya basis kecangihan teknologi dan tata kelola lingkungan yang baik. Faktor itulah yang membuatnya tertarik untuk memantapkan kerja sama akademis dengan sejumlah universitas terkemuka di Negeri Matahari Terbit itu.

“Banyak sisi positif yang kami cermati dari Jepang dan ingin coba kami terapkan di kampus kami. Terutama tentang tata kelola lingkungannya yang sungguh membuat kami terkesima,” paparnya, Rabu (21/5/2014)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif