Lifestyle
Rabu, 21 Mei 2014 - 12:48 WIB

Wow! Anjing Ini Bisa Endus Deteksi Prostat di Urine

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (mountainview.gov)

Solopos.com, NEW YORK– Anjing terlatih dapat mendeteksi kanker prostat dalam urine dengan tingkat akurasi sampai 98 persen.

“Studi baru ini memberikan kita sebuah metode standar untuk mendeteksi kanker prostat dengan biaya rendah,” kata Kepala Unit Penyakit Prostat di Rumah Sakit Penelitian Humanitis, Dr Gianluigi Taverna di Milan Italia dikutip Reuters, Selasa (20/5/2014).

Advertisement

Dia menambahkan, menggunakan hewan anjing untuk mengenali kanker prostat dapat membantu mengurangi jumlah biopsi yang tidak penting dalam tubuh dan pasien yang berisiko tinggi terhadap penyakit itu.

Penelitian mengambil sampel 902 orang yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri atas 362 pria yang menderita kanker prostat. Kelompok kedua terdiri atas 540 laki- laki dan perempuan yang mempunyai kesehatan baik. Semua peserta memberikan sampel urine.

Dua anjing berusia 3 tahun, Zoe dan Liu yang dilatih sekitar lima bulan di Kementarian Pertahanan Italia dilatih untuk mengendus dan membedakan aroma khas tertentu.

Advertisement

Sebelumnya. Kedua anjing itu bertugas sebagai anjing pendeteksi bahan peledak.

Selama pelatihan, anjing tersebut diajarkan untuk mengenali senyawa kanker prostat dalam 200 sampel urine dari kelompok orang yang terkena kanker prostat.

Saat pengujian, anjing-anjing diperintahkan untuk duduk di depan masing-masing sampel yang terdeteksi kanker prostat dan yang tidak. Hasil yang mengejutkan terlihat ketika anjing- anjing itu dapat mengendus sampel dengan benar yaitu sampel yang terdeteksi kanker prostat.

Advertisement

Anjing pertama mencapai tingkat akurasi 100 persen dalam mendeteksi sampel dari pasien kanker prostat.

Anjing kedua meraih tingkat akurasi 98,6 persen dalam mendeteksi kanker prostat.

“Meskipun mempunyai akurasi tinggi, anjing tidak akan menggantikan manusia dalam mendeteksi kanker prostat,” kata Taverna. Karena banyak penyakit lain yang anjing tidak dapat mendeteksinya seperti tumor dan lain- lain.

Pendeteksian kanker prostat menggunakan anjing perlu dikombinasikan dengan teknik atau alat diagnostik umum lainnya seperti PSA, biopsi, MRI, dan lain- lain.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif