News
Selasa, 20 Mei 2014 - 06:45 WIB

TOL SOLO-SEMARANG : Ganjar: Pembebasan Lahan Tol Solo-Semarang Terhambat

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan proses pembebasan lahan untuk jalan tol Bawen (Kabupaten Semarang)-Solo masih menghadapi kendala.

”Kendala pembebasan lahan dihadapi di wilayah Kabupaten Semarang,” katanya kepada wartawan di Semarang, Senin (19/5/2014).

Advertisement

Tim pembebasan tanah (TPT) di Kabupaten Semarang, menurut dia, menghadapi kendala semisal tanah belum bersertifikat, terjadi sengketa tanah antarkeluarga, dan tanah disita pihak bank.

Pembangunan proyek jalan tol Bawen-Solo merupakan bagian dari pembangunan jalan tol Semarang-Solo, melintasi tiga daerah, yakni Kabupaten Semarang, Salatiga, Boyolali. ”Dari tiga daerah ini pembebasan lahan di Kabupaten Semarang paling lambat, sedang di Boyolali dan Salatiga relatif tindak ada kendala berarti,” ungkapnya.

Ganjar mantargetkan proses pembebasan lahan pembangunan jalan tol Bawen-Solo bisa rampung akhir 2014, sehingga bisa dilakukan pekerjaan konstruksi. Pekerjaan konstruksi, lanjut dia, diharapkan sudah bisa dimulai pada 2015, serta pada pertengahan 2016 sudah rampung dan dapat beroperasi.

Advertisement

Gubernur menyatakan pekerjaan pembangunan konstruksi jalan tol Bawen-Solo terbagi dalam tiga seksi serta sembilan paket pengerjaan. ”Jadi nantinya pekerjaan konstruksi dilakukan secara bersamaan supaya cepat rampung,” tandas Ganjar.

Sementara, Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ), Djadjat Sudradjat, mengungkapkan saat ini pembebasan lahan tol Bawen-Solo untuk wilayah Salatiga sudah 71%, Boyolali 7%, sedang Kabupaten Semarang belum ada yang dibebaskan.

Menurut dia, total tanah yang harus dibebaskan untuk pembangunan jalan tol Bawen-Solo sepanjang 49,81 kilometer sekitar 350 hektare. ”Tanah ini terletak di 47 desa dan 34 kecamatan di Kabupaten Semarang, Salatiga, dan Boyolali,” ungkap dia.

Advertisement

PT TMJ adalah perusahaan patungan Jasa Marga dengan Perusahaan Daerah (Persuda) Jateng PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah (SPJT) yang mengelola pembangunan jalan tol Semarang-Solo. Sampai sekarang pembangunan jaln tol Semarang-Solo telah menyelesaikan seksi I Semarang-Ungaran dan seksi II Ungaran-Bawen.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif