News
Selasa, 20 Mei 2014 - 21:00 WIB

Malaysia Dekati Perbatasan, TNI AL Kirim Kapal Perang

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Antara/Mohamad Hamzah)

Solopos.com, DEPOK — TNI Angkatan Laut (AL) mengirimkan satu kapal perang ke perairan perbatasan Indonesia dan Malaysia. Hal ini terkait dengan adanya kabar mengenai rambu suar yang dibangun oleh Malaysia di Tanjung Datu, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa tiga kapal Malaysia dan empat tongkang material telah terpantau oleh petugas navigasi Indonesia. Ketiga kapal tersebut memasang tiang pancang untuk pembangunan rambu suar.

Advertisement

“Kita akan geser kapal perang TNI AL yang beroperasi di Natuna ke perairan Tanjung Datu untuk melakukan pengecekan detail,” jelas Moeldoko kepada wartawan, Depok, Selasa (20/5/2014).

Menurutnya, apabila pemasangan tiang pancang rambu suar yang dilakukan oleh Malaysia telah memasuki wilayah Indonesia ataupun wilayah abu-abu antara Indonesia dan Malaysia, dirinya akan memprotes pembangunan rambu suar tersebut.

Selain itu, secara administrasi Moeldoko juga telah menyurati Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa, untuk membahas mengenai permasalahan perbatasan ini. Dia juga mengkaji perlunya kehadiran kekuatan militer di wilayah tersebut.

Advertisement

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Staff Angkatan Laut Laksamana TNI Marsetio pun membenarkan ihwal pergeseran kapal perang dari Natuna ke perairan Tanjung Datu. “Saat ini kita sedang konfirmasi. Kita kirim kapal perang dan pesawat patroli untuk melakukan pemantauan di sana,” tukas Marsetio.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif