Foto
Minggu, 18 Mei 2014 - 02:41 WIB

FA CUP 2014 : Arsenal Rebut Piala FA Setelah Tundukkan Hull City Lewat Extra Time

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Arsenal (Dok/JIBI)

Solopos.com, LONDON — Arsenal akhirnya meraih trofi Piala FA musim ini setelah mengalahkan Hull City. Sempat tertinggal dua gol lebih dulu, The Gunners menang 3-2 lewat babak perpanjangan waktu.

Pada laga yang dihelat di New Wembley, Sabtu (17/5/2014) malam WIB, Hull unggul ketika laga belum genap 10 menit lewat James Chester dan Curtis Davies. Arsenal memperkecil skor jadi 1-2 lewat Santi Cazorla.

Advertisement

Di babak kedua Laurent Koscielny mencetak gol yang menyamakn skor jadi 2-2 dan bertahan hingga 90 menit laga tuntas. Laga yang dilanjutkan ke extra time akhirnya dimenangi Arsenal usai Aaron Ramsey bikin gol di menit 110.

Bagi Arsenal, gelar Piala FA ini adalah yang ke-11 sekaligus menyamai perolehan Manchester United dan menuntaskan puasa gelar yang sudah bertahan selama 9 tahun.

Advertisement

Bagi Arsenal, gelar Piala FA ini adalah yang ke-11 sekaligus menyamai perolehan Manchester United dan menuntaskan puasa gelar yang sudah bertahan selama 9 tahun.

Dilansir detiksport, gol Hull pertama terjadi berawal dari sepak pojok, bola mengarah ke Tom Huddlestone di luar kotak penalti. Ia kemudian menendang si kulit bundar namun arahnya tak ke gawang. Tapi ada Chester yang lantas menyonteknya dan bola mengarah ke tiang jauh yang tak bisa digapai Lukas Fabianski.

Lima menit berselang Hull menggandakan keunggulan. Bola muntah sundulan Alex Bruce yang mengenai tiang gawang langsung disambar oleh Davies untuk menjebol jala Fabianski.

Advertisement

Setelah gol tersebut, Arsenal kian menggencar pertahanan Hull tapi kerap gagal karena ketatnya barisan belakang tim asuhan Steve Bruce itu.

Skor 2-1 untuk keunggulan Hull bertahan hingga jeda. Di babak kedua Arsenal masih menguasai jalannya laga tapi mereka tetap sulit untuk mencari celah mencetak gol.

Arsenal tiga kali melakukan protes pada wasit Lee Probe untuk meminta penalti setelah Giroud dilanggar Tom Huddlestone, handball Liam Rosenior saat menghadang tandukan YayaSanogo, dan Bruce melanggar Cazorla.

Advertisement

Arsenal akhirnya mampu menyamakan kedudukan jadi 2-2 di menit 71 lewat Koscielny. Berawal dari sepak pojok, bola disundul salah satu pemain Arsenal ke depan gawang dan Koscielny lantas mengonversi jadi gol lewat sepakan jarak dekat, yang dalam prosesnya membuat bek asal Prancis itu cedera.

Skor 2-2 di akhir waktu normal dan laga harus berlanjut ke perpanjangan waktu 2×15 menit. Di menit 94 tiang gawang menggagalkan peluang Giroud lewat tandukan dari jarak dekat.

Gol yang ditunggu-tunggu Arsenal terjadi di menit 110 terjadi ketika gelandang asal Wales
Ramsey membawa Arsenal berbalik unggul 3-2. Sontekannya meneruskan umpan backheel Giroud, mengarahkan bola ke tiang dekat gawang McGregor. Skor 3-2 untuk Arsenal.

Advertisement

Hull nyaris menjebol jala Arsenal lewat serangan balik di menit 116. Aluko menggiring bola di sisi kiri dan melewat Fabianski yang keluar sarangnya. Lalu ia melepaskan sepakan ke arah gawang, tapi bola hanya melewati depan garis dan keluar lapangan.

Skor 3-2 bertahan hingga laga usai dan Arsenal pun keluar sebagai juara Piala FA. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan Pemain

Arsenal: Fabianski, Sagna, Mertesacker, Koscielny, Gibbs, Arteta, Ramsey, Cazorla (Rosicky 106′), Oezil (Wilshere 102′), Podolski (Sanogo 61′), Giroud

Hull: McGregor; Davies, Bruce (McShane 66′), Chester, Rosenior (Boyd 102′), Elmohamady, Livermore, Huddlestone, Meyler, Quinn (Aluko 75′), Fryatt

Para pemain Arsenal merayakan kemenangan seusai merebut Piala FA. JIBI/Reuters/Darren Staples

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif