News
Selasa, 13 Mei 2014 - 14:25 WIB

UAN 2014 : Pengumuman Tidak Lulus Dilengkapi Alasan

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY akan mengumumkan hasil Ujian Akhir Nasional (UAN) 2014 secara transparan. Peserta UAN yang tidak lulus karena tidak ikut ujian diberikan ruang pengumuman tersendiri lengkap dengan alasan yang membuatnya tidak lulus. Kebijakan tersebut berlaku untuk peserta UAN tingkat SMA dan SMP atau sederajat.

Kepala Disdikpora DIY Baskara Aji menjelaskan latar belakang pengumuman transparansi ini digagas lantaran masyarakat selalu bertanya mengenai faktor yang menyebabkan salah satu siswa gagal sama sekali dalam ujian.

Advertisement

“Jadi biar masyarakat tahu, tidak bertanya-tanya kenapa si A sampai tidak lulus. Pada akhirnya dinas yang disalahkan, karena dinilai tidak memberikan keterbukaan informasi pengumuman kelulusan,” ujarnya, Senin (12/5/2014).

Aji mengungkapkan Disdikpora sudah memberikan kesempatan ujian susulan bagi peserta yang berhalangan hadir pada saat pelaksanaan UAN reguler. Pada kenyataannya apabila kesempatan ujian susulan tidak dapat dimaksimalkan, risiko menjadi tanggung jawab peserta yang bersangkutan.

“Satu-satunya cara ya yang bersangkutan ikut ujian paket kesetaraan pada Juli nanti,” tandasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif