Lifestyle
Senin, 12 Mei 2014 - 18:30 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Inilah Manfaat Besar Pada Teh Hitam

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ( thinkstock)

Solopos.com, SOLO – Teh hitam tentu sudah tak asing lagi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Minum teh hitam menjadi sebuah kebiasaan rutin dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat setiap harinya.

Walaupun sangat populer, tak banyak yang tahu manfaat besar yang ada pada teh hitam bagi kesehatan. Dilansir Magforwomen, Senin (12/5/2014), berikut beberapa manfaat teh hitam yang sebaiknya Anda ketahui :

Advertisement

Meningkatkan Kesehatan Mulut
Teh hitam mengandung polifenol yang dapat membunuh bakteri di mulut yang mengakibatkan gigi berlubang. Teh hitam juga dapat mencegah pembentukan plak dan menjaga gigi dan gusi agar tetap sehat. Kandungan polifenol juga dapat mencegah perkembangbiakan bakteri enzim yang menyebabkan infeksi mulut dan penyakit

Sebagai Antioksidan
Polifenol yang ada dalam teh hitam berfungsi sebagai antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh bahan-bahan beracun seperti tembakau dan bahan kimia berbahaya lainnya. Polifenol dapat mencegah kerusakan DNA dan membantu meningkatkan usia Anda.

Meningkatkan Kekebalan
Teh hitam mengandung antigen alkylamines yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan respon kekebalan tubuh. Teh hitam juga mengandung senyawa tanin untuk membantu mencegah penyakit yang menyebabkan virus seperti influenza atau virus musiman lainnya.

Advertisement

Membantu Proses Pencernaan
Fitokimia dan tanin yang ditemukan pada teh hitam memiliki manfaat restoratif pada saluran pencernaan Anda yang dapat memperlancar dan meningkatkan sistem pencernaan.

Melindungi Jantung
Teh hitam dapat menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Penelitian menunjukkan, mereka yang minum teh hitam setiap hari memiliki kemungkinan 20% lebih kecil menderita stroke.

Menurunkan Risiko Diabetes
Menurut penelitian seseorang yang memiliki kemungkinan terserang diabetes, terutama diabetes tipe 2 secara signifikan akan berkurang jika mereka mengonsumsi teh hitam secara teratur setiap harinya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif