Jogja
Senin, 12 Mei 2014 - 12:05 WIB

HAJI 2014 : Haji Lansia Tetap Berangkat Sesuai Jadwal

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi keberangkatan calon haji (JIBI/Harian Jogja/Antara/Lucky R.)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kemenag Kulonprogo menegaskan semua calon haji asal Kulonprogo tetap akan berangkat seusai jadwal. Kemenag juga menyatakan tidak terpengaruh dengan larangan jemaah lanjut usia (lansia) untuk berangkat haji dan umroh yang dikeluarkan pemerinath Arab Saudi terkait dengan risiko penularan virus MERS.

“Sampai sekarang kami belum ada instruksi dari pusat [Menteri Agama]. Sementara tetap pada agenda semula,” ujar Sulasmi, Sabtu (10/5/2014).

Advertisement

Kebijakan penolakan jemaah haji lansia dinilainya justru melanggar hak asasi manusia. Pihaknya sampai saat ini hanya dapat mengimbau para jemaah untuk tetap menjaga kesehatan, baik sebelum berangkat maupun saat berada di Tanah Suci, Mekah. Dari sekitar 200 lebih calon jemaah haji asal Kulonprogo, sebagian besar ada lansia.

“Mereka ini telah mengantre sejak lama agar bisa berangkat haji. Kalau ditolak karena alasan tersebut, tentu saja dapat melanggar hak mereka,” jelas Sulasmi.

Terkait dengan kian mewabahnya virus MERS yang akhirnya mulai menjangkiti sejumlah jemaah umroh. Sulasmi menegaskan kembali hingga saat ini belum ada laporan jemaah umroh asal Kulonprogo yang suspect.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif