Otomotif
Minggu, 11 Mei 2014 - 10:45 WIB

MOBIL MURAH : LCGC Datsun Go+ Panca Harga Rp85 Juta, Ini Sejarahnya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tiur RD Marketing PT Wahana Sumberbaru Jogja saat mengenalkan Datsun Go+ di Dealer Nissan Jogja jalan Magelang Km 8, Jumat (9/5/2014). (Hamid Abdul Razak/JIBI/Harian Jogja)

Solopos.com, JAKARTA – Mobil murah hemat energi atau low cost green car (LCGC) dari Datsun telah dilempar ke pasaran. salah satu produk mobil murah Datsun di pasar MPV yakni Datsun Go+ Panca harganya Rp85 juta sampai Rp103 juta. Datsun, salah satu merek Nissan Motor, akhirnya meluncurkan secara resmi mobil Datsun pertama untuk pasar Indonesia, Datsun GO+,  di pabrik baru Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (8/5/2014).

Pabrik baru seluas 60.000 m2 ini akan didedikasikan guna memproduksi mobil Datsun untuk pasar Indonesia, pabrik ini dilengkapi dengan proses perakitan mesin, bodi, pengecatan, trim dan casis.

Advertisement

Pada saat peresmian pabrik baru, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) juga mengumumkan secara resmi partisipasinya dalam program Low Cost Green Car (LCGC) yang sudah mendapatkan sertifikasi dari pemerintah.

Sebagai salah satu persyaratan dari LCGC program, nama resmi brand Datsun di Indonesia adalah Datsun Nusantara sedangkan nama resmi produk terbarunya adalah Datsun GO+ Panca.

Advertisement

Sebagai salah satu persyaratan dari LCGC program, nama resmi brand Datsun di Indonesia adalah Datsun Nusantara sedangkan nama resmi produk terbarunya adalah Datsun GO+ Panca.

Kata “Panca” berasal dari nama Datsun GO, yang dalam Bahasa Jepang GO dapat diartikan sebagai “lima” dan Panca juga memiliki arti “lima” dalam Bahasa Indonesia.

Huruf “+” dalam penamaan Datsun GO+ merefleksikan ruang ekstra di baris ketiga yang dapat dipergunakan untuk penumpang ataupun sebagai bagasi tambahan, sehingga menjadikannya MPV 5+2 penumpang yang dapat mengakomodasi dua penumpang tambahan.

Advertisement

Konsumen Indonesia dapat melakukan pemesanan untuk mendapatkan mobil baru, dengan jadwal pengiriman yang akan dilakukan mulai Juni 2014.

Mobil lima-pintu, MPV 5+2 Datsun GO+ Panca dibekali dengan mesin berkapasitas 1,2 liter 68 hp yang dipadu dengan transmisi lima percepatan manual.

Ditawarkan dengan harga mulai dari Rp85 Juta on the road Jakarta, NMI yakin Datsun GO+ Panca bakal merevolusi segmen ini sebagai yang paling nyaman di kelasnya, satu-satunya model yang menawarkan kabin ekstra lega dan fleksibilitas baris ketiga pada harga ini.

Advertisement

Vincent Cobee, Global Head of Datsun, dalam siaran pers NMI, mengatakan Datsun menawarkan kendaraan baru dan modern yang andal, terjangkau dan persis seperti apa yang diinginkan oleh konsumen Indonesia terhadap sebuah mobil keluarga.

Dia menjelaskan Datsun GO+ memiliki kursi baris pertama yang terhubung, speed-sensing wiper systemmulti Information display danfollow-me-home headlights, sebuah fitur terbaru yang hanya akan ditemukan pada kendaraan kelas atas.

Fitur lain adalah mobile docking station yang memungkinkan pengendara untuk menyambungkannya ke perangkat elektronik untuk meningkatkan kenyamanan dan berbagai pilihan aksesori dengan harga terjangkau untuk menambahkan sentuhan akhir yang lebih personal pada mobil baru pertama mereka.

Advertisement

Toru Hasegawa, Corporate Vice President, Nissan Motor Indonesia and President Director NMI, mengatakan sertifikasi LCGC dan peluncuran Datsun GO+ Panca merupakan momentum bersejrah bagi Nissan di Indonesia.

“Hal ini menjadi langkah baru untuk menunjukan komitmen kami terhadap Indonesia dan Saya percaya Datsun GO+ Panca akan mampu mengambil tempat di hati konsumen kami di sini,” katanya.

Harga yang ditawarkan untuk ketiga tipe Datsun GO+ Panca dimulai dengan harga Rp85 juta hingga Rp103 juta on the road Jakarta akan hadir dengan lima pilihan warna. Datsun GO+ Panca akan dijual di 39 diler Nissan dan Datsun, pada akhir tahun fiskal akan tersedia di 95 diler di seluruh Indonesia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif