Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara) Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Antara)
Minggu, 11 Mei 2014 16:10 WIB Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja Peristiwa Share :

MERAPI WASPADA
Warga Bantul Rasakan Dentuman Berkali-Kali, Diduga dari Merapi

Solopos.com, BANTUL — Peningkatan aktivitas Gunung Merapi beberapa waktu terakhir terasa hingga ke Kecamatan Pundong dan Imogiri, Bantul. Dentuman yang kerap terdengar beberapa hari terakhir itu pun membuat warga Bantul resah.

Kawian, warga Dusun Ngentak, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul, mengungkapkan sejak dua hari lalu warga kampungnya diresahkan dengan suara dentuman yang terdengar di Pundong. “Suaranya itu dentuman seperti njeblug gitu, jadi bukan gemuruh,” ungkap Kawian kepada Harian Jogja, Minggu (11/5/2014).

Suara itu biasanya terdengar pada malam hari. Sejumlah warga yang resah akibat dentuman itu menurutnya kerap berkumpul di rumahnya. “Beberapa warga itu kan datang ngumpul di rumah saya, pada resah dengan suara itu,” ujarnya.

Warga tidak mengetahui pasti dari mana sumber suara itu datang. Ada yang menyebutkan berasal dari Gunung Merapi, namun ada pula yang menduga berasal dari dalam bumi tepatnya dari sesar Opak yang menjadi pusat gempa pada 2006. Warga khawatir, terjadi sesuatu di desa mereka lantaran kondisi alam yang tidak lazim itu.

Kebetulan kata Kawian, kampungnya hanya berjarak sekitar 2 km dari tempuran Sungai Oya dan Sungai Opak yang merupakan bagian dari sesar Opak. Selain di Pundong, suara dentuman itu juga terdengar di Desa Selopamioro, Imogiri, yang berdekatan dengan Desa Seloharjo, Pundong.

Dentuman-dentuman tersebut memang terjadi berkali-kali, bahkan bisa belasan kali dalam sehari. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto, menyatakan dari laporan yang masuk ke lembaganya, dentuman itu terjadi 12 kali dalam sehari.

Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…