Pialadunia
Jumat, 9 Mei 2014 - 15:52 WIB

SERI PILA DUNIA 2014 : Ghana, Lolos ke Brasil Lewat Perjuangan Hebat

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain tim nasional Ghana yang akan berlaga ke Piala Dunia 2014 Brasil. (Ist/bbc.co.uk)

Solopos.com — Ghana selamat dari grup maut kualifikasi zona Afrika lewat perjuangan yang tidak mudah. Setelah memenangi lima dari enam pertandingan melawan Juara Afrika 2012 Zambia, Lesotho, dan Sudan. Satu kekalahan 0-1 dari Zambia memukul tim ini.

Ghana kemudian harus menempati tempat ketiga dengan 15 gol. Ini membuat Ghana harus menjalani play-off melawan Mesir yang merupakan juara Afrika tujuh kali. Tapi lewat perjuangan hebat, Ghana meraih kemenangan meyakinkan 6-1 pada leg pertama sudah meyakinkan tempatnya di Piala Dunia Brasil sebelum kalah 1-2 pada leg kedua di Kairo.

Advertisement

Lewat penampilan impresif pada Piala Dunia 2006, Black Stars, julukan tim Ghana mengalahkan Republik Ceko dan AS sebelum akhirnya ditaklukan Brasil di babak kedua, tetapi Ghana menjadi satu-satunya wakil Afrika yang maju ke fase itu.

Pada Piala Dunia 2010, mereka kembali menjadi satu-satunya tim Afrika yang lolos ke babak knock out dan menjadi tim Afrika yang mencapai perempat final Piala Dunia setelah mengalahkan AS.

Di babak 8 Besar Ghana kalah adu penalti dari Uruguay dalam laga yang disebut paling dramatis dalam turnamen tahun itu. Mereka merasa memikul tugas yang belum selesai setelah tendangan penalti Asamoah Gyan gagal mengantarkan Ghana menjadi tim Afrika pertama yang mencapai semifinal.

Advertisement

Namun, dalam laga persahabatan 5 Maret 2014 lalu, Ghana terpuruk setelah dikalahkan 0-1 oleh tuan rumah Montenegro.

Sedikit saja tim di dunia ini yang dibekali gelandang-gelandang terbaik seperti Ghana, selain mempunyai dua pemain veteran Michael Essien dan Sulley Muntari, juga Andre Ayew, Kwadwo Asamoah dan Kevin-Prince Boateng.

Di barisan depan Asamoah Gyan yang atletis menjadi ujung tombak untuk membuktikan Ghana kualitas terbaik Afrika.

Advertisement

Penamilan terbaik dalam turnamen FIFA: Piala Dunia Afrika Selatan 2010 (perempatfinal), Piala Dunia U-17 Italia 1991, Piala Dunia U-17 Ekuador 1995 (juara), Piala Dunia U-20 Mesir 2009 (juara) Mantan pemain bintang: Abedi Pele, Samuel Kuffour, Ibrahim Sunday.

– 16 Juni melawan AMERIKA SERIKAT di Natal (Estadio das Dunas)
– 21 Juni melawan JERMAN di Fortaleza (Estadio Castelao)
– 26 Juni melawan PORTUGAL DI Brasilia (Estadio Nacional de Brasilia).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif