Pialadunia
Rabu, 7 Mei 2014 - 18:14 WIB

SERI PIALA DUNIA 2014 : Chili, Tim Amerika Selatan yang Tengah Bangkit

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Skuat Timnas Chilie di Piala Dunia 2014 Brasil. Ist/footballtips.com

Solopos.com — Setelah memulai kampanye kualifikasi dengan memenangkan 12 poin dari 18 yang diperebutkan, termasuk kemenangan tandang di Bolivia dan Venezuela, Chili menelan tiga kekalahan berturut-turut di akhir kepemimpinan pelatih Claudio Borghi.

Rekan senegara Borghi dari Argentina, Jorge Sampaoli kemudian menggantikannya, meskipun penampilannya kemudian memburuk ketika tampil melawan Peru. Chili kemudian bangkit kembali dengan lima kemenangan dan sekali imbang dalam enam pertandingan berikutnya yang mengantar mereka ke putaran final Piala Dunia.

Advertisement

Di bawah asuhan Sampaoli, Chili berkembang menjadi tim yang sangat attack-minded, produktif dengan 29 gol selama kualifikasi, tapi juga sering kebobolan (25 kali)–terbanyak di antara tim-tim yang lolos otomatis dari benua lain–, dan hanya sekali imbang dalam 16 pertandingan kualifikasi.

Dengan delapan kali penampilannya di Piala Dunia, Chili setingkat dengan Paraguay di posisi keempat dalam daftar negara Amerika Selatan paling banyak tampil di turnamen ini. Kinerja terbaik mereka sampai saat ini adalah merebut tempat ketiga saat menjadi tuan rumah pada 1962.

Pada lima kesempatan lain mereka gagal lolos dari fase grup, sementara di Prancis 1998 dan Afrika Selatan 2010 mereka mencapai babak 16 besar, setelah dikalahkan Brasil pada kesempatan kedua.

Advertisement

Pemain depan Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas, serta gelandang serang Matias Fernandez dan Arturo Vidal adalah orang-orang utama di skuad yang dikemas dengan bakat dan alternatif layak di setiap posisi.

Tidak boleh diabaikan, pemain berpengalaman seperti Claudio Bravo, Gary Medel, dan Jorge Valdivia, serta si rising stars seperti Jean Beausejour dan Marcelo Diaz juga memperkuat tim ini.

 

Advertisement

Penampilan terbaik kompetisi FIFA: Piala Dunia Chili 1962 (tempat ketiga), Piala Dunia U-17 Jepang 1993 (tempat ketiga, Piala Dunia U-20 Kanada 2007 (tempat ketiga), Turnamen Sepakbola Olimpiade Sydney 2000 (tempat ketiga).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif