Umum
Rabu, 7 Mei 2014 - 12:30 WIB

Rute Merpati akan Diambil Alih Garuda

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA–PT Garuda Indonesia Tbk siap memberdayakan pilot PT Merpati Nusantara (Merpati) untuk menerbangi rute yang ditinggalkan Merpati di sejumlah wilayah di Tanah Air.

“Kita selalu terbuka mengambil rute dan pilot Merpati. Direktur Operasi Garuda dan Direktur Operasi Merpati sudah membahas bagaimana memanfaatkan para pilot Merpati yang saat ini tidak lagi bekerja penuh,” kata Dirut Garuda Emirsyah Satar, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Advertisement

Menurut Emirsyah, jumlah rute Merpati yang diambil alih Garuda akan terus bertambah.

“Kita meminta izin kepada Kementerian Perhubungan untuk mengambil alih rute yang ditinggalkan Merpati. Rute yang kita akuisisi termasuk Sumbawa Besar dan di Sumatera Utara,” ujarnya.

Meski begitu Emirsyah menuturkan, belum semua rute yang diambil alih langsung ditangani karena harus menyesuaikan dengan jenis pesawat yang akan digunakan.

Advertisement

“Kita lagi minta rutenya, tapi kita tidak bisa pakai pesawat Merpati yang sertifikasinya non FAA (Federal Aviation Administration). Pilot bisa kita pakai, tapi pesawatnya belum tentu, karena harus punya sertifikat FAA,” tegas Emirsyah.

Menurut catatan, Merpati banyak mengoperasikan pesawat jenis MA-60 produksi Xian Aircraf China, namun pesawat itu disebut-sebut tidak memiliki sertifikat FAA.

Ia mencontohkan, rute Sumbawa Besar, bisa diterbangi pesawar jenis ATR.

Advertisement

“Tahun ini Garuda akan mendatangkan sebanyak 6 unit ATR, pengoperasiannya akan disesuaikan dengan destinasi-destinasi baru diperoleh Garuda,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif