Teknologi
Rabu, 7 Mei 2014 - 02:28 WIB

PAMERAN KOMPUTER SOLO : Smartphone dan Tablet Jadi Primadona

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Berbagai produsen dan diler resmi komputer mengikuti perhelatan Solo Computer Bazaar yang digelar di Diamond Solo Convention Centre, Kamis (1/5/2014). Ajang pameran komputer terbesar di kaeasan Solo Raya tersebut digelar oleh Apkomindo Solo. (JIBI/Solopos/ Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO—Produk smartphone dan tablet menjadi primadona sedangkan laptop dan notebook turun pamor pada Pameran Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo), Solo Computer Bazar (SCB) 2014, di Diamond Solo Convention Center (DSCC), Rabu (30/4/2014) hingga Minggu (4/5/2014).

Pameran dengan tema Cerdas Dengan Teknologi yang melibatkan 101 stan milik anggota Apkomindo Solo, perbankan, kredit dan lain-lain ini merupakan pameran kali pertama pada 2014. Namun pengunjung pameran yang didukung 34 vendor dengan 23 vendor utama ini diprediksi tidak memenuhi target 50.000-60.000 orang selama lima hari.

Advertisement

Ketua Panitia SCB 2014, Sahrial Amri, menjelaskan jumlah pengunjung diperkirakan mencapai 40.000-an orang sejak hari pertama hingga kelima. Amri –sapaan akrab Sahrial Amri- menilai kondisi itu wajar untuk pameran yang diselenggarakan kali pertama pada awal tahun.

Terlebih pameran dilaksanakan bersamaan dengan kenaikan kelas. Sehingga dia memprediksi sejumlah pengunjung menunda pembelian dan menyalurkan dana untuk kepentingan lain.

“Prediksi pengunjung hari ini [Minggu] sekitar 9.000-10.000 orang. Pengunjung lokal Solo stabil tetapi kota atau kabupaten lain turun. Penjualan juga menurun seiring penurunan pengunjung,” kata Amri saat dihubungi Espos, Minggu (4/5).

Advertisement

Pameran didominasi smartphone sekitar 15%-20% stan, sebanyak 40%-50% stan menawarkan notebook dan smartphone, dan sisa stan menawarkan aksesori dan produk notebook bekas. Amri menyampaikan pasar smartphone dan tablet meningkat seperti prediksi. Sedangkan pasar laptop dan notebook baik baru maupun bekas malah turun drastis.

“Produk smartphone dan tablet jadi primadona sedangkan laptop dan notebook turun drastis. Di sisi lain kami mengakui daya beli masyarakat tidak terlalu tinggi pada awal tahun. Tren menurun bukan karena harga. Selain momen kurang tepat, produk baru belum banyak hadir,” imbuh dia.

Apkomindo Solo

Advertisement

Hal senada disampaikan Ketua Apkomindo Solo, Edy Purwanto. Edy mengungkapkan tren pameran awal tahun cenderung kurang berhasil dibanding pameran pada bulan lain, seperti menjelang akhir tahun dan saat akhir tahun. Dia menjelaskan pengunjung menurun tetapi tidak terlalu signifikan. Namun dia memprediksi nilai transaksi menurun signifikan. Lebih lanjut Apkomindo akan menggelar pameran pada Agustus dan Desember 2014. Namun Edy belum dapat menyampaikan konsep pameran berikut.

“Daya beli menurun cukup banyak karena mungkin mereka [masyarakat] menahan dana untuk kebutuhan lain. Tren pameran awal tahun selalu seperti ini. Berbeda dengan pameran saat akhir tahun. Kami [Apkomindo] hanya menyelenggarakan tiga kali pameran pada 2014,” tutur dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif