News
Minggu, 4 Mei 2014 - 09:13 WIB

PAMERAN KOMPUTER SOLO : Ini Hari Terakhir, Smartphone-Tablet Murah di Bawah Rp1 Juta Bertebaran

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pameran komputer (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO– Hari ini, Minggu (4/5/2014) menjadi hari terakhir pameran komputer di Solo. Stan banyak yang menawarkan smartphone dan tablet murah dengan harga di bawah Rp1 jutaan.

Ribuan pengunjung hampir memadati setiap stan di lantai 1 dan 2 Diamond Solo Convention Center (DSCC), Kamis (1/5/2014). Sebanyak 101 stan terdiri dari 90 stan milik anggota Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Solo dan sisanya stan perbankan, kredit dan lain-lain. Pantauan Solopos.com, sejumlah pengunjung memadati stan menawarkan aksesori, laptop, dan notebook baru maupun bekas. Demikian hal stan memamerkan deretan smartphone dan tablet yang dibanderol di bawah Rp1 juta-Rp2 juta.

Advertisement

Produk smartphone tidak lagi dikuasai vendor telepon genggam. Sejumlah vendor komputer pun memproduksi smartphone. Bahkan harga bersaing. Sehingga dapat dijangkau kalangan menengah ke bawah. Seperti dilakukan salah satu produsen memori terkemuka di Indonesia V-Gen. Mereka meluncurkan empat tipe smartphone android dengan harga terjangkau Rp600.000-Rp3,8 juta.

“V-Gen smartphone ini launcing sekitar lima hari lalu secara nasional. Kami menawarkan garansi lebih lama dibanding produk lain, yakni tiga tahun. Selain itu service center di Solo pun ada,” kata Teknisi Toko Komputer Platinum, Davin, saat ditemui Espos di stan yang menawarkan V-Gen, Rabu (30/4).

Langkah serupa dilakukan salah satu merek ponsel lokal yang dimiliki PT Supertone, SPC. Mereka melahirkan tiga tipe smartphone android dengan harga Rp499.000-Rp1,09 juta. SPC merupakan pemain lama produk feature phone. Namun belakangan mereka mulai bermain produk smartphone menyasar kalangan menengah ke bawah. Pemilik toko yang memasarkan produk SPC, Ramon Computer, Sumanto, menjelaskan SPC pemain baru produk smartphone.

Advertisement

“Target kami memperkenalkan bahwa SPC mempunyai smartphone. Kualitas produk sesuai slogan yakni kualitas melebihi harga. Fokus kami smartphone dengan harga di bawah Rp1 juta,” tutur dia saat ditemui Espos di stan miliknya, Kamis (1/5).

Merek lokal lain, Evercoss, seolah tidak ingin ketinggalan memamerkan smartphone android kombinasi touch screen dan qwerty, A28S, dengan banderol Rp700.000. Pemilik Sanitech Computer, Sumanto, menjelaskan Evercoss menjajal produk baru yang menggabungkan android dengan qwerty. Dia mengklaim produk menyasar pengguna yang menginginkan android tetapi ogah memakai touch screen.

“Produk yang paling laris itu tablet AT1C dan smartphone A7T. Sedangkan A28s ini produk untuk kalangan tertentu yang ingin melek teknologi tetapi belum mau meninggalkan qwerty,” tutur dia.
Panitia Pameran Apkomindo Solo Computer Bazar (SCB) 2104, Sigit Gunawan, didampingi Ketua Panitia Pameran Apkomindo SCB 2014, Sahrial Amri, menjelaskan pameran menghadirkan teknologi baru smartphone, tablet, dan lain-lain dari berbagai merek. Sigit memaparkan sebanyak 10% pengguna notebook bergeser ke tablet setiap tahun. Demikian hal pengguna smartphone naik 20% dibanding tahun lalu. Meski demikian dia menjelaskan pengguna personal computer (pc) dan laptop naik 5%.

Advertisement

“Pasar didominasi smartphone. Pertumbuhan IT 10%-15% per tahun. Laptop dan PC masih mendominasi meskipun tablet dan smartphone naik. Masing-masing punya pasar. Semoga pengunjung di Soloraya bisa menikmati pameran,” ucap dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif