News
Sabtu, 3 Mei 2014 - 19:15 WIB

KRISIS UKRAINA : 42 Orang Tewas dalam Bentrok Milisi Pro dan Anti Rusia di Ukraina

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Reuters/Valentyn Ogirenko)

Solopos.com, ODESSA — Sedikitnya 42 orang tewas saat baku tembak terjadi antara milisi pro dan anti Rusia di Ukraina timur, Sabtu (3/5/2014). Baku tembak itu akhirnya berakhir ketika milisi pro-Rusia terperangkap di dalam gedung yang terbakar, membuat kota itu hanya selangkah lagi menuju perang total.

Menurut laporan Reuters, pada hari yang sama, milisi pro-Rusia membebaskan tujuh orang pemantau Eropa setelah delapan hari menyekap mereka. Di sisi lain, pemerintah Kiev telah melakukan upaya militer untuk mereklaim wilayah yang diduduki para milisi.

Advertisement

Peristiwa ini adalah baku tembak terparah yang terjadi di Ukraina sejak Ukraina berganti rezim pemerintahan karena Presiden Viktor Yanukovich yang pro-Rusia berhasil digulingkan. Situasi mencekam tersebut membuat warga di belahan timur Ukraina meletakkan bunga, menyalakan lilin dan mengibarkan bendera kota tersebut.

Kremlin, yang telah mengirimkan 10.000 pasukan di garis perbatasan, menyatakan berhak menginvasi kota-kota berbahasa Rusia, apabila warga di kota itu terancam.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif