Lifestyle
Kamis, 1 Mei 2014 - 09:31 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Ingin Gigi Putih dan Sehat, Perhatikan 4 Hal Ini

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi sikat gigi (kikichaos.com)

Solopos.com, SOLO – Tips hidup sehat kali ini mengulas seputar gigi putih dan sehat. Sikat gigi merupakan sebuah alat yang sangat penting untuk mendapatkan gigi putih dan bersinar. Tapi, anggapan yang salah mengenai sikat gigi justru dapat meningkatkan peradangan di mulut dan gigi.

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui mengenai sikat gigi seperti yang telah dikemukan oleh para ahli gigi dilaman Huffingtonpost, Senin (28/4/2014):

Advertisement

Bentuk
Sebagian orang modern kini telah beralih menggunakan sikat gigi dengan bentuk kepala bulat kecil yang digerakkan dengan tenaga baterai dengan gerakan memutar. Banyak dokter gigi percaya sikat gigi jenis itu dapat menghilangkan plak 11% lebih bagus jika dibandingkan dengan sikat gigi manual. Tapi, perlu diingat jika Anda memiliki rahang yang sempit, pilihlah sikat gigi dengan bentuk ujung kepala yang meruncing.

Ukuran
Tak ada patokan khusus mengenai ukuran sikat gigi seseorang. Perlu Anda ketahui, kuas berukuran besar dapat melewatkan tumpukan plak di sela-sela gigi dan daerah yang sulit dijangkau pada pangkal gigi. Jadi, pilihkan sikat gigi dengan ukuran kepala paling tepat, nyaman digunakan, serta mampu membersihkan gigi secara keseluruhan di pangkal atas maupun gigi bawah.

Bulu
Gunakan selalu sikat gigi yang berbulu lembut atau ekstra lembut. Kebanyakan orang menilai bulu sikat yang keras dapat membersihkan gigi secara menyeluruh, faktanya justru sebaliknya. Bulu sikat yang keras dan kasar tidak dapat menekuk dengan sempurna sehingga berpeluang besar melewati sela-sela gigi dan daerah dekat gusi. Bahkan, sebuah studi yang tertulis dalam Journal of Periodontology di tahun 2011 menemukan orang yang menggunakan sikat gigi berbulu kaku lebih rentan 11% terhadap risiko gusi berdarah setelah delapan minggu.

Advertisement

Gagang Sikat
Pilihlah sikat gigi yang mudah untuk dipegang, gunakan gagang sikat yang lunak yang telah dirancang untuk menghindari slip saat digunakan.

Sebagian besar orang masih menggunakan sikat gigi melebihi dari waktu yang dianjurkan. Penggunaan sikat gigi lebih dari 6 bulan akan menyebabkan risiko lebih tinggi terhadap gigi berlubang karena sikat gigi yang telah di penuhi bakteri. Jadi, gantilah sikat gigi Anda secara berkala setidaknya 3 bulan sekali.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif