Sport
Selasa, 29 April 2014 - 19:15 WIB

PREDIKSI BAYERN MUENCHEN VS REAL MADRID : Muenchen Diunggulkan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Liga Champions

Live SCTV pukul 01.45 WIB

Solopos.com, SOLO–Semifinal Leg II Liga Champions Bayern Muenchen Vs Real Madrid, menjadi pertandingan panas pekan ini. Prediksi Bayern Muenchen vs Real Madrid menguggulkan kemenangan untuk Muenchen alias Bayern Munich.

Advertisement

Pemain Real Madrid Gareth Bale  mengaku gugup menghadapi pertandingan Rabu (30/4/2014) dini hari nanti di Stadion Allianz Arena.

“Saya sedikit gugup, dan setiap orang akan merasa sedikit gugup,” kata Bale sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara.

Jelang melawan “FC Hollywood”, Bale pernah disentuh oleh keberanian mengambil keputusan manakala berhadapan dengan pilihan, atau Manchester United atau Real Madrid. Dan ia memutus keraguan dengan memilih Real Madrid.

Advertisement

“Ini layaknya pertandingan besar. Jika anda ingin memenangi trofi, anda harus bertanding melawan tim-tim besar dalam pertandingan berskala besar,” katanya.

Bale tidak sedang mengigau. Pemain Wales ini memberi bukti dengan mencetak gol ketika melawan Barcelona dalam ajang Copa del Rey. Ini dapat disandingkan ketika Ryan Giggs menjaringkan gol ke gawang Arsenal pada Piala FA tahun 1999.

Berkolaborasi dengan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema membuat Bale layak menebar asa dengan merengkuh La Decima alias titel kesepuluh di panggung sepak bola antarklub di Benua Biru.

Bale fasih berbicara bahasa Inggris ketimbang bahasa Spanyol. Ia seakan mengembang ekspansi Inggris Raya ke Tanah Terjanji bernama Bernabeu.

Advertisement

Ia menaruh kagum atas kompatriotnya itu. “Ia salah satu alasan mengapa saya bersedia datang dan bermain di Madrid, tampil bareng dengan pemain terbaik di dunia.”

Hanya saja, jelang laga melawan Muenchen, bukan ajang memamerkan erat tidaknya persahabatan. Laga di Allianz Arena memerlukan kerja dengan sepenuh hati sekuat pikiran.

Pendukung setia tim tuan rumah mewanti-wanti bahwa saatnya Pep Guardiola membuktikan bahwa koalisi tiki taka dan gaya sepak bola Jerman tentu berbuah manis, utamanya ketika meladeni Real Madrid.

“Pertandingan ini bukan sekadar tiki taka. Sudah saatnya menyerang dan menyerang.”

Advertisement

Muenchen Diunggulkan

Ketika kemasukan satu gol semata wayang di leg pertama, statistik mencatat bahwa penguasaan bola Bayern mencapai lebih dari 70 persen, dan mereka memaksakan 15 kali sepak pojok, dan melepaskan dua sampai tiga kali tembakan ke arah gawang Madrid.

Menarik ketika menyimak pendapat dari ketua eksekutif Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenige yang menyebutkan bahwa pertarungan di kandang Muenchen bakal menjadi “neraka” bagi tim asuhan pelatih Carlo Ancelotti.

Sesudah meraih kemenangan 5-2 atas Werder Bremen, kapten tim Bayern, Philip Lahm mengimbau kepada seluruh rekan timnya bermain “dengan hati dan semangat”. Dan Guardiola menimpali bahwa Franck Ribery bakal melampiaskan amuk kekalahan di leg pertama.

Advertisement

Bayern menyandang titel sebagai kampiun Bundesliga. Penampilannya ketika menghapadi Werder Bremen sungguh mengundang decak kagum penonton. Pasukan asuhan Guardiola melancarkan serangan balik dengan cepat dan apik merangsek lini pertahanan lawan.

Seperti layaknya pelatih senior yang memilih rendah hati, Ancelotti merespons pendapat bahwa pelatih asal Italia bakal menerapkan taktik bertahan dengan mengambil inspirasi dari gaya sepak bola grendel (catenaccio).

“Catenaccio bukan kata yang buruk. Saya orang Italia, kami bangga dan kami suka dengan catenaccio, bahkan kami mampu meraih sejumlah gelar dengan menerapkan catennacio,” katanya.

Data dan fakta kedua tim: 

* Cedera hamstring – Shaqiri (Bayern)
* Dalam pemulihan cedera – Starke (Bayern)
* Cedera lutut – Thiago Alcántara (Bayern)
* Cedera lutut – Arbeloa (Real Madrid)
* Cedera lutut – Jesé (Real Madrid)
* Dalam pemulihan cedera – Khedira (Real Madrid)

Prakiraan susunan pemain:

Advertisement

Bayern Muenchen (4-1-4-1):
Neuer (penjaga gawang), Alaba, Dante, Boateng, Lahm, Javi Martinez, Ribery, Schweinsteiger, Kroos, Robben, Mandzukic.
Pemain cadangan:
Tom Starke, Van Buyten, Rafinha, Mueller, Gotze, Pizarro

Real Madrid (4-3-3):
Casillas (penjaga gawang), Carvajal, Pepe, Ramos, Coentrao, Di Maria, Xabi Alonso, Modric, Bale, Benzema, Ronaldo
Pemain cadangan:
Diego Lopez, Varane, Marcelo, Casemiro, Illaramendi, Isco, Morata

Head to Head

UEFA Champions League (UCL)
23 Apr  2014  Real Madrid CF 1 – FC Bayern Muenchen 0
25 Apr  2012  Real Madrid CF 2 – FC Bayern Muenchen 1
17 Apr  2012  FC Bayern Muenchen 2 – Real Madrid CF 1

Analisis taktik:
* Cristiano Ronaldo akan berhadapan dengan bek kanan Bayern. Tentunya kemungkinan ini sudah diantisipasi oleh Pep Guardiola.

* Pelatih asal Spanyol ini memasang Rafinha di bek kanan dan Philip Lahm di posisi gelandang ketika tampil di leg pertama. Formasi ini jelas-jelas tidak berjalan efektif. Dan Javi Martinez kini siap diturunkan.

* Madrid bertumpu kepada kecepatan dwitunggal Ronaldo dan Bale. Keduanya bakal dihadang oleh Rafinha.

* Xabi Alonso akan melawan sederet gelandang Bayern yang punya kecepatan. Toni Kroos sangat diandalkan Bayern, dengan didukung Bastian Schweinsteiger atau Thomas Mueller. Mereka ini pemain jempolan. Pergerakannya bukan tidak mungkin menyulitkan Xabi Alonso yang berperan sentral sebagai gelandang bertahan.

* Bayern Muenchen mampu tampil sangat baik ketika bertanding di kandang, meski Madrid bermodal Bale dan Ronaldo. Kedua pemain yang disebutkan belakangan ini bukan tidak mungkin mencetak gol, jika memang Bayern tampil keluar menyerang.

* Kedua tim tentu termotivasi mencetak gol, karena keduanya sama-sama punya barisan depan yang berperan sebagai predator gol.

Prediksi hasil pertandingan:  
Bayern Muenchen: 2
Real Madrid: 1

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif