News
Senin, 28 April 2014 - 04:41 WIB

PROGRAM STUDI BARU : UNS Dapat Mandat Bentuk 14 Prodi Baru

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mahasiswa FKIP UNS Berkunjung di Griya Solopos (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SOLO— Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mendapat mandat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk membentuk 14 Program Studi (prodi) baru. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud pun meminta kepada Rektor UNS segera menindaklanjuti tugas tersebut.

Pembantu Rektor I UNS, Sutarno, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan panggil seluruh dekan untuk melakukan pembahasan. “Untuk membuka prodi, yang pertama harus melihat adalah SDM. Apakah mencukupi atau tidak. Kalau SDM yang dibutuhkan di masing-masing fakultas untuk kebutuhan tersebut mencukupi, silahkan dibuka. Tapi kalau tidak cukup mending tidak dulu,” ujar dia kepada wartawan, Jumat (25/4/2014).

Advertisement

Pertimbangan kedua untuk menindaklanjuti mandat Ditjen Dikti tersebut adalah mengenai tempat. Mengenai kriteria-kriteria tersebut, menurut Sutarno saat ini UNS tidak memiliki masalah.

Pada surat bernomor 344/E.E2/DT/2014 tersebut tertulis perihal penugasan penyelenggaraan Prodi yang ditujukan kepada Rektor UNS. Surat tersebut juga menyebutkan mengenai alasan penugasan tersebut, yaitu untuk menyiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Ditjen Dikti juga menimbang UNS telah memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi. Itu sebabnya pemerintah pusat memberi mandat kepada UNS untuk menyelenggarakan prodi tersebut. Surat tertanggal 11 April 2014 yang ditandatangani langsung oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Djoko Santoso, menyebutkan agar UNS segera menyikapi mandat tersebut.

Advertisement

Mengingat kebutuhan bagi terselenggaranya Prodi tersebut sangat strategis untuk Indonesia. UNS diminta untuk segera melakukan persiapan yang diperlukan baik secara administratif maupun akademik.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif