Lifestyle
Senin, 28 April 2014 - 11:30 WIB

KISAH UNIK : Walah, Ibu-ibu di China Buat Sabun dari ASI!

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sabun ASI Taobao (taobao.com)

Solopos.com, HUNAN – Sabun susu mungkin sudah biasa terdengar, namun bagaimana dengan sabun yang terbuat dari air susu ibu (ASI)? Terdengar tak lazim, tapi inilah yang sekarang ramai dibicarakan di China. Situs belanja Taobao menawarkan sabun ASI untuk khalayak ramai.

Huffingtonpost yang Sabtu (26/4/2014) mengutip Want China Times melansir sebuah situs belanja di China bernama Taobao menjual sabun ASI. Taobao mengklaim produk sabun kecantikan yang mereka jual tersebut dapat melembutkan, mencerahkan, dan menyehatkan kulit orang dewasa.

Advertisement

Dalam salah satu liputan media massa Hunan, China, seorang ibu menyatakan kalau dia sudah menjual 300 batang sabun yang dibuat dari air susunya sendiri. Agar diminati anak-anak, sabun diciptakan dengan berbagai bentuk, di antaranya beruang, ikan, kelinci, dan kura-kura.

Sang penciptanya mengaku tak sengaja membuat sabun itu. “Benda itu saya buat karena anak saya tak mau meminum ASI saya. Daripada terbuang percuma lebih baik saya gunakan ASI untuk keperluan lain,” katanya seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Kamis (24/4/2014), “Akhirnya, terciptalah sabun ini.”

Ide ini muncul ketika ibu muda ini menemui masalah pada bayi lelakinya yang tidak mau minum ASI lagi. Tidak ingin membuang ASI tersebut sia-sia, ibu muda ini memutuskan untuk membuat sabun dari ASI nya sendiri untuk perawatan kulit.

Advertisement

Kini sabun ASI yang diberi merek Taobao terkenal di China. Pembeli bisa mendapatkannya dari situs jual beli seperti Ebay dan Amazon. Para pembeli mengatakan bahwa Taobao ini sangat bermanfaat, tidak hanya untuk perawatan kulit dewasa namun juga untuk mencegah ruam popok pada bayi.

Menurut penelitian National Health Service (NHS) menunjukkan bahwa ASI yang diminum bayi, dapat mencegah bayi dari penyakit kulit seperti eksim. Para ahli juga mengatakan dengan mengonsumsi ASI, akan memperkecil kemungkinan bayi mengalami diare, muntah, dan infeksi telinga. Selain itu juga tidak menyebabkan obesitas.

Percaya atau tidak, ini bukan kali pertama ASI dijadikan produk kecantikan. Aktris Jepang, Asaka Seto juga menggunakan sabun ini untuk merawat kecantikannya Tak cuma itu, Anda bahkan bisa dengan mudah menemukan cara pembuatan sabun ini di Internet.

Advertisement

ASI memang banyak mengandung nutrisi dan disebut-sebut dapat menyembuhkan berbagai masalah kulit. Tetapi seperti sudah diketahui, bahan-bahan untuk membuat sabun harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipadatkan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif