Jogja
Minggu, 5 Mei 2024 - 21:00 WIB

Terbagi 4 Kloter, 1.044 Orang Calhaj Asal Bantul Mulai Diberangkatkan Akhir Mei

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, BANTUL – Jumlah calon haji asal Kabupaten Bantul yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada tahun ini sebanyak 1.044 orang. Dari jumlah tersebut, 35 persen di antaranya merupakan warga lanjut usia. Mereka akan diberangkatkan mulai akhir Mei 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Bantul, Ahmad Shidqi, mengatakan taun ini ada 1.044 orang calon haji asal Bantul yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci. Tahun ini, calon haji di Bantul yang tertua berusia 92 tahun dan yang termuda berusia 22 tahun.

Advertisement

Ahmad menyampaikan dengan masa tunggu jemaah haji saat ini sekitar 34 tahun, jemaah haji termuda tersebut dapat ikut dalam keberangkatan haji tahun ini lantaran mengajukan diri untuk menampingi calon haji lansia.

Menurutnya lantaran jamaah haji lansia jumlahnya cukup tinggi, ada petugas haji khusus yang disiapkan oleh Kemenag untuk melayani lansia.

Dia menyampaikan keberangkatan jemaah haji asal Bantul akan dibagi dalam empat kloter, yang terbagi dalam kloter keberangkatan 49, 51, 54 dan 81.

Advertisement

“Per kloter jemaah haji berapa ini jumlahnya tetap 352 jemaah, ditambah 5 petugas dari pusat dan 3 petugas daerah,” ujarnya, Minggu (5/5/2024).

Dia menyampaikan jemaah haji tersebut akan berangkat pada rentang waktu 25 Mei-2 Juni 2024. Terhadap mereka telah dilakukan pengecekan kesehatan secara umum berupa pengecekan tekanan darah, kolesterol dan kadar gula.

Dia menuturkan jemaah haji yang hasil pengecekan kesehatannya telah sesuai maka dapat melakukan pelunasan. Sehingga, menurutnya, jemaah haji yang akan berangkat saat ini kesehatannya telah sesuai ketentuan.

Advertisement

Sementara menurut Ahmad, jemaah haji juga wajib diberikan vaksin meningitis sebelum berangkat ke Tanah Suci. Sementara vaksin influenza diberikan secara opsional.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, berharap jemaah haji tersebut mampu memberikan pengaruh positif saat kembali ke tanah air. Dia menyampaikan pada keberangkatan jemaah haji tahun ini ada sekitar 542 orang jemaah haji dari Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIH) Aisyiyah yang akan diberangkatkan ke tanah suci.

“Mewakili Pemerintah Kabupaten Bantul, kami titip doa, doakan seluruh masyarakat Kabupaten Bantul agar senantiasa diberikan kesehatan, kesejahteraan, adem ayem, guyup rukun sehingga kita bisa melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul 1.044 Jemaah Haji asal Bantul Diberangkatkan Mulai Akhir Mei 2024, 35 Persennya Lansia

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif