Soloraya
Senin, 28 April 2014 - 22:43 WIB

AKTIVITAS GUNUNG MERAPI : Aman, Pendakian Merapi Ramai Lagi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pendaki menyusuri jalur pendakian Gunung Merapi dengan latar belakang Gunung Merbabu, Selo, Boyolali, Jawa Tengah, (JIBI/Harian Jogja/Antara/Dok.)

Solopos.com, BOYOLALI— Pascaletusan Gunung Merapi, pekan lalu, intensitas pendakian di Gunung Merapi dan Merbabu kembali ramai.

Hanya saja, menurut Kapolsek Selo, AKP Suparma, pendakian di Merapi tidak sebanyak di Merbabu. Kemungkinan, pendaki masih harus berhati-hati dan berpikir ulang untuk naik ke Merapi, mengingat sepekan lalu Merapi kembali mengeluarkan aktivitas vulkanik.

Advertisement

Suparma mengimbau kepada pendaki yang akan melakukan pendakian ke Gunung Merbabu atau Merapi untuk melaporkan data diri dan rombongan ke Polsek Selo. Pelaporan, menurutnya, jangan hanya di pos pendakian saja. “Agar aparat memantau aktivitas pendakian,” kata Suparma, saat ditemui wartawan, di Desa Tarubatang, Selo, Sabtu (26/4/2014).

Hal ini juga mengantisipasi kejadian pekan lalu, ketika ada sepuluh warga asing yang naik ke Merapi dan saat itu Merapi ‘batuk’. Warga asing itu sebelumnya tidak memberitahu ke Polsek bahkan akan melakukan aktivitas pendakian.

“Pelaporan diperlukan jika terjadi insiden selama pendakian, kami bisa segera melakukan koordinasi dengan Tim SAR atau pihak lain untuk upaya evakuasi,” imbuh Suparma.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif