Otomotif
Minggu, 27 April 2014 - 11:15 WIB

TIPS OTOMOTIF : Memilih Sekok Double Action

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Skok double action (photobucket.com)

Solopos.com, SOLO–Kontur jalanan di Indonesia memang terkenal terjal dan berkelok serta rusak. Kondisi ini berbeda dengan luar negeri, terutama di negara-negara Eropa dan Amerika. Lantaran kondisi jalanan di Indonesia yang khas itu, maka kendaraan pun perlu didesain sesuai dengan kondisi tersebut. Salah satu bagian yang perlu mendapatkan perhatian adalah sekok. Lalu sekok yang seperti apakah yang cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia?

Kepala Bengkel Shop & Drive Yos Sudarso, Solo, Tugiman, membeberkan tentang sekok yang cocok untuk mobil tertentu yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi jalanan Indonesia. Tugiman mengatakan, untuk kondisi jalanan di Indonesia, sebaiknya mobil dipasangi sekok yang dobel action. Dobel action ini berarti terdapat dua konstruksi dalam sekok tersebut, yakni konstruksi oli dan
gas.

Advertisement

Lebih lanjut Tugiman mengatakan, tunggangan mobil yang memakai sekok dobel action akan sangat terasa bila dibandingkan dengan mobil tanpa sekok dobel action. “Mobil jadi lebih stabil saat diajak melaju di jalan raya,” ujar Tugiman saat ditemui Espos di bengkel Shop & Drive Yos Sudarso, Solo, Kamis (24/4/2014).

Keuntungan lain dari sekok dobel action ini, sambung dia, yakni bila mobil ditumpangi oleh banyak orang, maka mobil tersebut masih tetap stabil alias tidak oleng dan bergoyang. Selain itu, imbuh Tugiman, saat mobil dipakai untuk perjalanan jauh, sekok ini juga menunjang akselerasi mobil menjadi lebih baik.

Sekok dobel action ini ada beberapa tipe untuk mobil tertentu. Misalnya sekok dobel action khusus untuk mobil berbodi gede, sekok untuk truk, mobil off road dan sebagainya. Sedangkan untuk kendaraan jenis lain, seperti sedan, ada spesifikasinya sendiri. “Kalau untuk dipakai untuk mobil yang standar, nanti justru mobilnya bisa jebol,” papar dia.

Advertisement

Merek sekok yang sudah ada konstruksi dobel action, seperti, Kayaba. Selain bisa didapat di Shop & Drive, beberapa toko onderdil kendaraan juga menyediakan sekok ini. Selain kualitasnya bagus, sekok ini harganya juga terjangkau. “Ada juga merek lain, tapi harganya masih sangat mahal,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif