Pialadunia
Minggu, 27 April 2014 - 21:15 WIB

SERI PIALA DUNIA 2014: Aljazair ke Brasil untuk Menjawab Kritikan

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ini dia skuad Aljazair yang akan berlaha di Piala Dunia 2014 di Brasil. Ist/algerienetwork.com

Solopos.com — Setelah tampil biasa-biasa saja di Afrika Selatan 2010 dan tampil buruk pada Piala Afrika CAF 2013, Aljazair menjawab kritikan dengan lolos mudah ke Brasil 2014. Mereka memenangi lima dari enam laga grup melawan Mali, Benin, dan Rwanda.

Sekali dalam babak play off terakhir, mereka kurang beruntung bermain imbang dengan lawan Burkina Faso, yang pernah mengejutkan Afrika dengan finish di tempat kedua pada AFCON 2013.

Advertisement

Dalam laga leg pertama itu mereka kalah 2-3 oleh sebuah gol penalti di menit-menit akhir, tetapi mengklaim tempat di Brasil berkat kemengan 1-0 di kandang yang membuat mereka unggul gol tandang.

Aljazair telah bermain total tiga kali dalam putaran final Piala Dunia. Mereka tampil terbaik pada 1982 di Spanyol, mengalahkan Jerman Barat 2-1 dalam pertandingan perdana mereka.

Meskipun menang 3-2 atas Chile pada pertandingan terakhir mereka di grup, kekalahan sebelumnya 0-2 dari Austria membuatnya terlempar karena kalah selisih gol.

Advertisement

Piala Dunia Meksiko 1986 kurang mengesankan bagi tim-tim Afrika utara. Bergabung di grup D bersama Brasil, Spanyol, dan Irlandia utara, mereka kalah dua kali dan sekali imbang, yang membuat mereka pulang dengan penerbangan pertama.

Demikian juga di Afrika Selatan 2010, melawan Inggris, Amerika Serikat, dan Slovania, mereka kalah dua kali dan sekali imbang, sehingga pulang tanpa gol untuk nama mereka.

Madjid Bougherra adalah tokoh kunci Aljazair di lini belakang, dan dia mencetak gol kemenangan sangat penting pada leg kedua melawan Burkina Faso.

Advertisement

Sofiane Feghouli adalah gelandang yang menarik, sementara Medhi Lacen memegang kendali di pertahanan depan. Seorang lagi, Islam Slimani, muncul sebagai yang paling produktif dalam serangan pada babak kualifikasi.

 

Penampilan terbaik Aljazair adalah kompetisi FIFA: Piala Dunia Spanyol 1982, Meksiko 1986, Afrika Selatan 2010 (fase grup).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif