Teknologi
Jumat, 25 April 2014 - 06:31 WIB

SMARTPHONE TERBARU : Ini 5 Ponsel Cerdas Pesaing Apple-Samsung

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Oppo Find 7 (gsmarena.com)

Solopos.com, SOLO – Smartphone terbaru kian berseliweran di pasaran. Apple dan Samsung jadi dua nama yang seolah selalu unggul dalam persaingan pasar gadget internasional. Dengan berbagai catatan penjualan yang fantastis, keduanya selolah lekat dengan label “tak tertandingi.”

Apple dan Samsung jadi dua nama paling direkomendasikan. Namun belakangan kedua brand ternama ini mulai mendapati banyak pesaing baru. Apa sajakah? Berikut ini lima ponsel cerdas pesaing Apple dan Samsung yang dihimpun redaksi Solopos.com, Kamis (24/4/2014).

Advertisement

One Plus One

OnePlus One (networkshare.fr)

OnePlus One

Sebelum Vivo Xshot, One Plus One menorehkan skor Antutu tertinggi dengan 38.179 poin. Skor tersebut melewati poin-poin tinggi sejumlah ponsel flagship milik vendor ternama, seperti HTC One (M8), Galaxy S5 (Snapdragon 801), LG G2, Xperia Z2, dan Galaxy Note 3.

OnePlus adalah sebuah perusahaan ‘sempalan’ HTC yang telah mendirikan perusahaan sendiri dan meluncurkan produk smartphone OnePlus One.

Desain OnePlus One ini sekilas mirip dengan Oppo Find 5. Uniknya, OnePlus One ini mengusung spesifikasi yang identik dengan Oppo Find 7a.

Advertisement

Smartphone OnePlus One ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 5,5 inci dengan resolusi FHD 1920 x 1080 piksel dari JDI berteknologi panel IPS (In-Plane Switching) dengan kerapatan layar mencapai 401 piksel per inci. OnePlus One menggunakan sistem operasi CyanogenMod 11S berbasis Android KitKat.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena (23/4/2014), smartphone gahar ini tersedia dalam dua varian, yakni 16GB dan 64GB tanpa kehadiran memori eksternal.

Smartphone OnePlus One akhirnya secara resmi diluncurkan dengan mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 801 dan OS CyanogenMod 11S yang berbasis Android 4.4 KitKat dengan harga mulai 299 dolar AS atau sekitar Rp 3,4 juta. Belum diketahui pasti kapan smartphone ini akan hadir di Indonesia.

Oppo Find 7

Oppo Find 7 (gizchina.com)

Oppo Find 7

Advertisement

Sebagai the rising star, nama Oppo Find 7 tentut tak boleh ketinggalan. Oppo memang cerdik melepas smartphone ini. Pasalnya jadwal perilisan Oppo Find 7 tak jauh dari momentum hegemoni Oppo N1 yang belum lama ini memeperoleh banyak perhatian.

Oppo Find 7 telah resmi masuk Indonesia dan dibandrol dengan harga Rp7 jutaan. Find 7 adalah smartphone  yang mengusung format chasing Skyline Notification Light ini dibanderol Rp7 juta.

Harga yang pantas melihat spesifikasinya yang mewah. Dengan layar 5,5 inci beresolusi 2560 x 1440,smartphone ini semakin lengkap dengan teknologi QHD.

Smartphone Oppo Find 7 diperkenalkan menjadi salah satu perangkat yang akan menggunakan resolusi QHD 2560×1440 piksel. Dengan layar 2K yang super tajam tentu Find 7 punya kelemahan, yakni komputasi grafik harus bekerja lebih berat demi menunjang resolusi tersebut sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

Hal ini terungkap dari hasil tes benchmark seperti dikutip dariPhoneArena, Sabtu (22/3/2014). Dengan 3.686.400 piksel untuk diolah, chipset Snapdragon 801 dengan clock 2,5GHz dan RAM 3GB, Oppo Find 7 masih mampu mencatat angka 35.425 di benchmark Antutu.

Asus Zenfone 6

Advertisement

Asus Zenfone 6 (ubergizmo.com)

Asus Zenfone 6

Asus berekspansi ke Indonesia dengan sejumlah smartphone bertajuk Zenfone. Salah satu yang cukup mentereng adalah Zenfone 6 yang hanya berbandrol Rp3 jutaan. Meski begitu, tak diragukan lagi performanya cukup mumpuni.

Asus Zenfone 6 dengan prosesor Intel Atom Z2580 dual-core berkecepatan 2GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB dan pengolah grafis dari PowerVR SGX544MP2.

Salah satu fitur dari sekian banyak fitur premium yang dihadirkan Asus Zenfone adalah teknologi Pixel Master dimana teknologi ini mengkombinasikan teknologi penggabungan Piksel dan Algoritma Optimasi Gambar yang mampu meningkatkan sensitivitas terhadap cahaya dan mengurangi noise sehingga hasil foto menjadi lebih terang dan berkualitas tinggi. Teknologi ini diaplikasikan ke banyak fitur kamera seperti Auto mode, Night mode, HDR mode, Low-Light mode dan Turbo Burst mode.

Jonney Shih, selaku Chairman Asus mengatakan Asus Zenfone merupakan smartphone yang memiliki kemampuan komputasi sekelas notebook berkat dukungan prosesor Intel Atom dan antar muka mobile eksklusif Asus ZenUI.

Vivo Xshot

Advertisement

Vivo Xshot-1 (weibo.com)

Vivo Xshot

Vivo bukan pemain baru di dunia gadget. Namun belakangan ponsel bernama Vivo Xshot tiba-tiba melesat di berbagai media informasi teknologi.

Vivo Xshot mengejutkan berkat hasil tes benchmark Antutu. Skornya sejauh ini adalah yang tertinggi di kelasnya. Vivo Xshot mencatatkan skor 40.023 poin di AnTuTu Benchmark.

Ponsel dengan basis OS Android ini sebenarnya masih misterius. BBK Vivo masih menyimpannya.

Vivo Xshot mengusung spesifikasi dapur pacu paling baru. Vivo Xshot memakai prosesor Snapdragon 801 quad-core 2,5GHz dan RAM 3GB.

Advertisement

Teaser yang pernah disebar menyebutkan Vivo Xshot membawa spesifikasi yang tidak main-main. Selain memiliki dapur pacu yang kencang, Vivo Xshot juga dipersenjatai kamera yang canggih. Vivo Xshot dibenamkan kamera utama 24MP dengan aperture f/1.8, dual-LED, dan fitur OIS. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 7,68MP.

Handset ini berasal dari Tiongkok di mana ia diproduksi oleh BBK Vivo. Sejauh ini, Vivo XShot belum resmi diperkenalkan, tetapi dengan pencapain skor Antutu Benchmark hingga melebihi 40.000 jadi bikin penasaran seperti apa tampang dan fiturnya.

Nokia Lumia 930

Noki Lumia 930 (nokia.com)

Nokia Lumia 930

Kurang lengkap rasanya mengungkap pesaing terberat Samsung dan Apple tanpa menyebut nama Nokia. Ya, dibanding nama-nama diatas, Nokia justru yang paling beda. Smartphone nokia nyaris seluruhnya dibelaki dengan OS Windows Phone.

Advertisement

Lumia 930 adalah smartphone baru Nokia yang masuk dalam segmen high-end. Dapat dilihat dari spesifikasinya yang cukup mentereng. Gadget ini menggunakan processor quad-core Snapdragon 800 2,2GHz, RAM 2GB, memori internal 16GB, slot kartu microSD.

Memiliki kelebihan pada layarnya yang berukuran 5 inci, Lumia 930 membawa kualitas super sensitif Unit ClearBlack AMOLED dengan resolusi Full HD ( 1920 x 1080 piksel ) dan kepadatan pixel 441ppi.

Tidak hanya itu kelebihan lainnya yakni pada Kamera utama PureView dengan resolusi 20MP dengan 1/2.5 ” sensor BSI , f/2.4 , OIS , dan flash dual-LED. kamera ini diklaim mampu menangkap video 1080p @ 30 fps .

Nokia Lumia 930 akan tiba dipasar secara global pada bulan Juni 2014 dimulai dengan Eropa, Asia, Timur Tengah dan India. Lumia 930 kabarnya akan dilepas dengan harga 599 dolar AS atau Rp 6,5 juta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif