News
Jumat, 25 April 2014 - 01:44 WIB

PILPRES 2014 : Bangun Koalisi Indonesia Raya, PAN Gandeng Gerindra

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Amien Rais (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA — Wacana pembentukan Koalisi Indonesia Raya yang digagas mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais terus bergulir. PAN berharap dukungan Partai Gerakan Indonesia Raya dan partai-partai politik lain.

Langkah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN menjalin komunikasi politik dalam membangun Koalisi Indonesia Raya itu, Kamis (24/4/2014), diakui Ketua DPP PAN Viva Yoga. Ia mengaku telah menjalin komunikasi intensif dengan elite Partai Gerindra guna membahas koalisi.

Advertisement

“Saat ini komunikasi dengan Pak Prabowo lebih intensif,” aku Viva ketika dijumpai seusai menghadiri acara diskusi di Jakarta. Menurutnya, peluang PAN dan Partai Gerindra untuk berkoalisi sangat besar, sebab kedua partai memiliki platform yang sama, yakni nasionalis.

Meskipun demikian, Viva mengaku pihaknya tidak akan terburu-buru dalam menentukan arah koalisi, sebab pihaknya masih menunggu hasil rekapitulasi suara pemilihan anggota lembaga legislatif Pemilu 2014 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Viva sempat pula mengakui PAN memiliki dua tokoh penting yang akan mengambil keputusan mengenai arah koalisi PAN pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014. Keduanya adalah Ketua Umum PAN Hatta Rajasa dan mantan Ketua Umum PAN Amien Rais.

Advertisement

“Arah koalisi kami percayakan kepada Pak Hatta dan Pak Amien Rais,” ujarnya.

Dalam membentuk koalisi, lanjutnya, PAN menawarkan platform reformasi gelombang kedua yang harus dijalankan oleh parpol manapun yang sepakat untuk berkoalisi dengan PAN. Reformasi gelombang kedua yang dimaksud adalah peningkatan supremasi hukum, pendidikan, peningkatan ekonomi mikro dan kesejahteraan, distribusi kebijakan otonomi daerah, keamanan nasional, membangun pemerintahan yang bersih dan membangun kedaulatan bangsa.

Mengenai kemungkinan PAN berkoalisi dengan PDI Perjuangan selaku partai yang memperoleh suara tertinggi pada Pemilu 2014, dia menyatakan PAN belum menjalin komunikasi intensif dengan elite partai yang bakal mengusing mantan wali kota Solo Joko Widodo sebagai calon presiden itu. “Kami komunikasi dengan semua parpol, tetapi tidak seintensif dengan Gerindra,” tegasnya.

Advertisement

Ditegaskannya, Koalisi Indonesia Raya yang dicetuskan Amien Rais kemungkinan besar terbentuk dari kumpulan beberapa parpol dan Partai Gerindra. “Kemungkinan besar koalisi itu akan terjadi dengan Partai Gerindra,” tegasnya lagi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif