News
Jumat, 25 April 2014 - 08:58 WIB

Pengumuman Kelulusan SMA/SMK Diminta Tertib

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kelulusan siswa SMA (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO– Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo minta kepada Sekolah untuk pastikan pelaksanaan pengumuman kelulusan berjalan aman dan damai. Untuk itu Disdikpora pun tengah merancang aturan pelaksanaan pengumuman kelulusan tersebut.

Disampaikan Sekretaris Koordinator Panitia Ujian Nasional (UN) SMA/SMK Kota Solo, Budi Setiono, mengatakan pengumuman kelulusan SMA/SMK akan dilaksanakan pada 20 Mei 2014. “Sesuai POS [Prosedur Operasional Standar] UN 2014 seperti itu,” terang dia saat ditemui di kantornya, Kamis (24/4/2014). Di hari yang sama juga akan dilakukan pengumuman untuk Pendidikan Kesetaraan Paket C.

Advertisement

Budi mengatakan desain pelaksanaan pengumuman di masing-masing sekolah diperkirakan akan sama dengan tahun sebelumnya. Artinya pada pelaksanaan pengumuman diharuskan ada kegiatan di sekolah. Entah itu lomba pakaian adat atau kegiatan positif lainnya bagi siswa yang akan menerima pengumuman kelulusan. Sedangkan untuk pengambilan berkas keluusan harus diambil orang tua siswa. “Tentu saja tujuannya untuk menghindari ekspresi berlebihan dari siswa yang dapat mengganggu ketertiban umum,” ujar Budi.

Menurut Budi, dinas secepatnya akan memberi surat edaran ke sekolah terkait mekanisme pengumuman kelulusan tersebut. Dia mengatakan saat ini mekanisme tersebut sedang disiapkan. “Dari dinas pasti akan ada surat ke sekolah mengenai mekanisme itu,” terang dia.

Seperti diketahui pelaksanaan pengumuman kelulusan SMA/SMK tersebut bersamaan dengan pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) untuk jenjang SD. Sehingga jangan sampai nantinya mengganggu kenyamanan peserta US/M tersebut. “Nah apalagi ada adik tingkatnya yang masih melasanakan ujian,” lanjut Budi. Pelaksanaan US/M sendiri dilakukn pada 19-21 Mei 2014.

Advertisement

Sementara itu untuk pengumuman kelulusan tingkat SMP akan dilaksanakan pada 14 Juni 2014. Hari itu juga akan dilakukan pengumuman kelulusan untuk program Pendidika Kesetaraan Paket B.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif