News
Jumat, 25 April 2014 - 04:41 WIB

JOKOWI CAPRES : Cawapres PDIP Diumumkan Hari Ini?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mencium bendera Merah Putih seusai diumumkan sebagai capres PDIP di Rumah Pitung, Marunda, Jakarta Utara, Jumat (14/3/2014). (JIBI/Solopos/Antara/Tempo-Imam Sukamto)

Solopos.com, JAKARTA — Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemungkinan akan mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) pendamping calon presiden (capres) Joko Widodo alias Jokowi pada Jumat suci.

Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari ketika dijumpai dalam acara peluncuran buku Jalan Kemandirian Bangsa di Megawati Institute, Jakarta, Kamis (24/4/2014), mengungkapkan langkah partainya melakukan finalisasi nama cawapres itu. Menurut dia, nama pendamping Jokowi pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 itu akan diumumkan dalam waktu dekat.

Advertisement

Menurut Eva, Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawai Soekarnoputri telah melakukan diskusi internal untuk membahas nama cawapres yang bakal diusung PDIP dalam Pilpres 2014. “Bu Mega dan Jokowi sangat intensif melakukan pembicaraan untuk melakukan finalisasi pada satu nama,” ungkap Eva.

Di tempat terpisah, Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Basarah menyatakan nama cawapres bagi Jokowi itu akan diumumkan pada hari Jumat. “Sebelumnya pengumuman capres pada hari Jumat, sekarang pengumuman cawapres juga akan dilakukan pada hari Jumat,” ujarnya.

Menurutnya, hari Jumat dipilih sebagai waktu yang tepat untuk mengumumkan nama cawapres karena mengikuti langkah proklamator Indonesia, Soekarno dan Moh. Hatta, yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada hari Jumat. “Kita menyebutnya Jumat suci, sebab kalau jumat keramat itu milik yang di Kuningan (KPK),” ucapnya.

Advertisement

“Silahkan setiap hari Jumat menunggu pengumuman cawapresnya, seperti kronologi Proklamasi dan pencapresan, bisa jadi Jumat besok atau Jumat pekan depan.”

Namun, Ahmad Basarah yang juga menjabat sebagai Anggota Komisi IV DPR itu menolak menyebutkan kapan tepatnya Megawati akan mengumumkan nama cawapres tersebut. Meskipun demikian, Basarah mengungkapkan ada informasi di internal PDIP mengenai rencana Mega mengunjungi makam mantan Presiden Soekarno di Blitar, Jawa Timur, sebelum mengumumkan nama cawapres.

“Silahkan setiap hari Jumat menunggu pengumuman cawapresnya, seperti kronologi proklamasi dan pencapresan, bisa jadi Jumat besok atau Jumat pekan depan,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, dia mengatakan PDIP telah mempertimbangkan sejumlah figur dengan latar belakang politik atau militer.

Advertisement

Sebelumnya beredar kabar bahwa nama cawapres telah mengerucut ke dua nama, yaitu mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) dan mantan Kepala Staf Angkatan Darat Ryamizard Ryacudu sekaligus menantu mantan Wakil Presiden Try Sutrisno. “Semua kandidat yang disebutkan oleh media punya peluang yang sama,” ungkapnya.

Menrutnya, kedua nama tersebut sama-sama memiliki kelebihannya masing-masing. JK memiliki pengalaman politik sebab pernah menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Selain itu, JK juga memiliki pengalaman dalam hal pemerintahan, sebab pernah menjabat sebagai wakil presiden pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2004 lalu.

Sementara itu, Ryamizard juga dianggap memiliki peluang yang sama. Menurutnya, Ryamizard dengan latar belakang militer memiliki track record yang baik. “Ryamizard nasionalismenya tinggi, dia Jenderal yang tidak pernah kena kasus pelanggaran HAM dan tidak pernah dipecat secara tidak hormat.”

Kriteria cawapres yang paling tepat untuk mendampingi Jokowi, lanjutnya, adalah tokoh yang bisa meningkatkan elektabilitas Jokowi, dan orang tersebut harus bebas dari dugaa kasus hukum atau korupsi. “Kami ingin memiliki pemimpim yang bersih, jadi kebijakamnya tidak tersandera oleh kasus-kasus hukum yang dapat merusak kewibawaan,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif