News
Jumat, 25 April 2014 - 04:32 WIB

HASIL PEMILU 2014 : Tertinggi di PPP, Angel Lelga Gagal ke Senayan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Artis Lely Anggraeni atau lebih dikenal dengan Angel Lelga gagal melangkah menjadi anggota DPR dari PPP untuk Dapil V Jateng yang meiliputi Klaten, Boyolali, Solo, dan Sukoharjo. (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG — PDI Perjuangan berjaya di daerah pemilihan Jateng IV dan V yang meliputi wilayah Soloraya. Dari Dapil V itu, artis Angel Lelga Anggreyani yang maju sebagai calon anggota lembaga legislatif (caleg) PPP dipastikan gagal melangkah ke DPR meskipun meraup suara tertinggi di partainya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara pemilihan  anggota DPR, DPD, dan DPRD provinsi pada Pemilu 2014 di Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran, Kota Semarang, Kamis (24/4/2014), PDIP meraih delapan kursi dari total 17 kursi DPRD Jateng yang tersedia di Dapil Jateng IV dan V, Soloraya. Total perolehan suara PDI Perjuangan pada Pemilu 2014 di Dapil IV dan Dapil V itu mencapai 1.279.387 suara.

Advertisement

Sementara itu, artis ibukota Angel Lelga Anggreyani dipastikan gagal melangkah ke Senayan walaupun berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara, suara Angel Lelga sebenarnya paling tinggi di PPP, yakni lebih dari 13.000. Tapi, mantan isteri raja dangdut Rhoma Irama ini tidak bisa melangkah ke Senayan karena perolehan suara PPP hanya 55.950.

Sedang delapan kursi DPRD Jateng untuk PDI Perjuangan masing-masing diperoleh dari Dapil Jateng IV, meliputi Sragen, Wonogiri, dan Karanganyar sebanyak tiga kursi. Mereka adalah incumbent atau petahanan anggota DPRD Jateng, Ayuning Sekar Suci, Joko Purnomo, dan putra mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, yakni Untung Wibowo Sukowati.

Dari Dapil Jateng V, meliputi Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Sukoharjo dan Solo lima kursi direbut Nuniek Sri Yuningsih, Sumarji, Kadarwati, Suwarsono, dan Didiek Hardiana P.

Advertisement

Wartawan ke Parlemen

Sementara, dari sejumlah wartawan yang maju menjadi caleg, hanya Sriyanto Saputro yang melenggang ke DPRD Jateng. Caleg Partai Gerindra yang maju dari Dapil Jateng IV tersebut mampu meraih suara terbanyak yakni 32.022.

“Di tengah pemilu yang transaksional ini, ternyata wartawan mampu menjadi anggota legislatif,” kata dia ditemui Solopos.com di sela memantau penghitungan suara di Kantor  KPU Jateng.

Advertisement

Dia mengaku sempat dipandang rendah caleg lain, karena wartawan tidak mempunyai uang banyak, sehingga sulit untuk bisa terpilih menjadi anggota legislatif. “Saya membuktikan tanpa uang banyak, bisa terpilih dengan suara signifikan,” tandas mantan Pemimpin Redaksi Harian Wawasan ini.

Sementara itu, proses penghitungan suara di KPU Jateng diperkirakan molor dari jadwal yang telah ditetapkan selama dua hari Rabu-Kamis (23-24/4/2014). pasalnya, sampai hari kedua Kamis malam kemarin, penghitungan suara masih menyelesaikan enam dapil, dari 10 dapil di Jateng.

Pembacaan satu dapil yang meliputi perolehan suara caleg DPR, DPD, dan DPRD Jateng membutuhkan waktu rata-rata enam jam. “Kami akan berusaha bisa rampung sampai Kamis malam. Kalau tidak rampung ya dilanjutkan pada Jumat pagi [25/4/2014],” kata Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif