News
Jumat, 25 April 2014 - 13:45 WIB

HARI OTONOMI : Presiden SBY: Pemimpin yang Baik Tak Mululu Blusukan

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden SBY (JIBI/Solopos/dok)

Solopos.com, JAKARTA– Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan pemimpin yang baik tidak harus terus-terusan blusukan. Pemimpin harus mampu merencanakan dan mengambil kebijakan yang tepat bagi rakyat.

Hal tersebut disampaikan SBY kepada perwakilan-perwakilan pemerintah daerah yang menghadiri acara Peringatan Hari Otonomi Daerah XVIII di Istana Negara.

Advertisement

“Melayani tidak harus datang dari rumah ke rumah, meningkatkan kesejahteraan rakyat tidak harus jalan ke sana sini dan berikan uang langsung kepada RT, bukan seperti itu. Meski dekat dan menemui rakyat juga penting,” kata Presiden, Jumat (25/4/2014).

Presiden mengimbau kepada para pemimpin pemda agar selalu memikirkan kepentingan rakyat melalui perencanaan kebijakan dan program yang pro rakyat. Dia menyarankan para kepala daerah untuk berdialog dengan rutin dengan masyarkat untuk mendengarkan aspirasi mereka langsung.

Pemerintah, lanjut SBY, juga harus mampu menjalankan manajemen pemerintahan dengan baik dengan memastikan semua unsur pemerintahan menjalankan tugasnya.

Advertisement

Dalam acara tersebut Kepala Negara memberikan penghargaan kepada 10 pemerintah daerah yang berhasil 3 kali menjadi penyelenggara daerah terbaik.

Anugerah diberikan kepada pemerintah di tingkat provinsi, kabupaten, dan kabupaten dari seluruh Indonesia.

Pemerintah provinsi yang mendapatkan penghargaan adalah pemerintah provinsi Jawa Tengah, pemprov Sulawesi Selatan, dan pemprov Jawa Timur. Di tingkat kabupaten, penghargaan diberikan kepada pemerintah kabupaten dari Pacitan, Jombang, dan Sleman.

Advertisement

Adapun kota yang berhasil meraih prestasi penyelenggaraan pemerintah terbaik 3 kali adalah Cimahi, Yogyakarta, Depok, dan Tangerang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif