Jateng
Sabtu, 27 April 2024 - 23:31 WIB

Sukseskan Pilgub Jateng 2024, KPU Luncurkan Maskot Semarbot & Jinggel

Redaksi Solopos.com  /  Abdul Jalil  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maskot Semarbot representasi tokoh pewayangan Semar yang dikolaborasikan teknologi cyber atau robot. (Solopos.com/Adhik kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Komisi Pemilihan Umun (KPU), meluncurkan maskot dan jinggel atau musik saat Peluncuran Tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) di Sam Poo Kong, Kota Semarang, Sabtu (27/4/2024) malam. Mengusung tagline “Luweh Becek Luweh Nyenengke”, pihaknya ingin membawa pesta demokrasi Pilkada 2024 dalam suasana riang-gembira.

Ketua KPU Jateng, Handi Tri Ujiono, mengatakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) baik Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot), Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Pilgub bakal berlangsung secara serentak di 35 kabupaten/kota. Oleh karena itu, tagline Luweh Becek Luweh Nyenengke merupakan makna yang dilandasi rasa gotong royong dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024.

Advertisement

“Dalam tagline ini kita hadirkan maskot Semarbot yang mengadopsi tokoh punokawan pewayangan [Semar], Kemudian jinggel Tentukan Pilihan bermakna sukseskan Pemilu di Jateng,” kata Handi saat memberikan sambutan di pembukaan Peluncuran Tahapan Pilgub Jateng di Sam Poo Kong Semarang, Sabtu malam.

Lebih jelasnya, Handi menerangkan maskot Semarbot merupakan representasi dari tokoh Semar yang dikolaborasikan dengan teknologi cyber atau robot. Semar yang memiliki sifat bijaksana dan mengayomi, diharapkan dapat menggambarkan sosok gubernur yang terpilih nanti.

“Harapannya gubernur terpilih bisa mengayomi masyarakat Jateng, seperti sosok Semar yanf dikenal bijaksana, tanggap perubahan zaman dan memiliki keadilan,” harapnya.

Advertisement

Sememtara jinggel Tentukan Pilihan, bermakna untuk mensukseskan Pemilu 2024 di Jateng. Harapannya, melalui jinggel tersebut, para pemilih menentukan pilihannya dengan mendatangi tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing sehingga partisipasi pemilih di Jateng bisa maksimal.

“Melalui jinggel tersebut kita juga ingin membuat pesta demokrasi berjalan meriah, namun tetap riang dan gembira,” sambungnya.

Adapun secara keseluruhan, kegiatan Peluncuran Tahapan Pilgub Jateng ini untuk menyampaikan pesan dan motivasi untuk mewujudkan Pilgub Jateng sesuai demokrasi yang luber, jujur, dan adil. Termasuk bersih, berkualitas, bermartabat, berintegritas dan menyenangkan.

Advertisement

“Oleh karrna itu, kita perlu kerjasama dan koordinasi dengan semua sektor dan pemangku kepentingan. Dan saya ucapkan terima kasih atas suksesnya Pilpres kemarin. Kini, kita akan mensukseskan Pilgub Jateng,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, mengingatkan tugas lembaganya yakni melayani. Adapun dua hal yang ia tekankan mengenai pelayanan, yakni melayani para pemilih dan dipilih.

“Pemilih adalah mereka yang mempunyai hak pilih, dan dipilih adalah mereka yang merupakan peserta atau berkompetisi di Pemilu. Maka terus bersikap baik, latihan tersenyum apapun masalahnya, kita harus melayani sebaik-baiknya,” pesan hasyim.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif