News
Kamis, 24 April 2014 - 18:27 WIB

SERBA LIMA : Inilah 5 Jawaban Lucu Siswa Saat Mengerjakan Soal Ujian

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kegiatan belajar mengajar (JIBI/dok)

Solopos.com, SOLO– Ujian sekolah atau ulangan ternyata bukan hanya jadi cerita menarik bagi anak-anak yang duduk di bangku sekolah. Sejumlah tingkah polos anak-anak terkadang jadi hal lucu yang menggelitik diceritakan.

Salah satu contoh yang paling baru adalah Jackie, seorang siswa kelas V setingkat SD. Siswa yang tak diketahui asal sekolahnya ini sengaja menghilangkan soal terakhir dalam lembar pertanyaan. Entah apa motivasinya, aksi Jackie ampuh membuat heboh dunia maya.

Advertisement

Sejumlah akun di Reddit dan Imgur membagikan foto lembar ujian milik Jackie. “Jackie, you can’t white out a question you don’t want to answer [Jackie, kamu tidak boleh begitu saja menghilangkan pertanyaan yang tidak ingin kamu jawab],” tulis Guru Jackie yang lantas mengunggahnya ke situs Imgur.

Selain Jackie, nama Udin juga sempat jadi fenomena. Udin menjawab soal dengan caranya yang “jenius”.

Solopos.com himpun, berikut 5 jawaban lucu di kerta ujian yang bikin heboh dunia maya.

Advertisement

1. Segitiga Sama Kaki


1. Segitiga Sama Kaki

Seorang bocah menggambar segitiga dan kaki di samping soal yang memerintahkannya untuk menggambar “Segitiga Sama Kaki”.

Jawaban bocah ini memang rasanya tak sepenuhnya salah. Dia mengartikan “sama” dengan kata “dan” yang dalam bahasa penuturan atau dialog keseharian punya arti nyaris serupa. Alhasil dia sebetulnya ingin menerjemahkan soal itu dengan menggambar Segitiga dan Kaki.

Advertisement

Tak diketahui identitas anak itu. Gambar ini muncul di situs icak.com dan beberapa kali dibagikan di jejaring sosial seperti Kaskus dan Facebook.

2. Jawab Benar dan Tepat

Jawab Dengan Benar dan Tepat

Advertisement

2. Jawab Benar dan Tepat

Gambar lembar ujian Udin ini mungkin sering Anda lihat. Gambar ini sudah tersebar sejak tahun lalu. Dalam lembar itu Udin adalah anak kelas 6 Sekolah Dasar (SD) 15. Meskipun sulit diverifikasi, bebepa orang mengatakan itu identitas sebenarnya.

Udin menjawab soal dengan Jawaban “Benar” dan “Tepat” untuk setiap soal yang diajukan. Jawaban ini sesuai perintah yang tertera dalam lembar “Jawablah pertanyaan berikut dengan BENAR dan TEPAT.”
Soal keempat bahkan sempat berganti jawaban dari “Benar” menjadi “Tepat”. Jawaban Udin ini akhirnya diberi nilai nol.

3. Temukan X

Advertisement

Temukan Dimana x

3. Temukan X

Seorang blogger di RoftlCaek.com mengunggah gambar lucu ketika seorang bocah kecil menjawab soal matematika. Tanpa menyebut identitas situs itu menyebut “Beginilah Cara menjawab paling tepat.”

Soal matematika ini maksudnya adalah bertanya tentang temukan berapa panjang X. Pertanyaan semacam ini lazim digunakan untuk soal-soal matematika. Memang tak perlu penjelasan lengkap sampai penjawabnya mengerti apa maksud pertanyaan. Tapi untuk kasus ini tampaknya pengecualian.

Penjawabnya menunjukkan X dengan tanda panah dan menuliskan “Disinilah [X berada].” Jawaban ini tentu akan mengundang tawa. Bisa saja ada yang beranggapan bocah yang menuliskan jawaban itu cukup “jenius” membaca pertanyaan.

Advertisement

4. Sains Adalah Kuasa Tuhan

Soal Matematika

4. Sains Adalah Kuasa Tuhan

Lembar jawab Ariene ini cukup populer di jejaring sosial. Pantas saja, dia mengemukakan jawaban yang menarik pada lembar ulangannya.

Siswi kelas XII IPA ini mencoba menjawab pertanyaan “Buktikan garis berat suatu segitiga adalah 2 : 1.” Hasilnya?

“Saya bingung pak, apa yang mau saya buktiin. Ini semua telah dirancang oleh Tuhan. Segala sumber ilmu pengetahuan berdasarkan firman Tuhan dan dia yang menjadikannya baik. Jadi menurut saya tidak ada yang perlu dibuktikan, karena pembuktian ini hanyalah bentuk ketidakpercayaan saya dengan Tuhan. Karena saya percaya Tuhan saya, Tuhan yang benar. Saya percaya kepada-Nya bahwa garis berat dari suatu segitiga adalah 2 : 1!”

Ariene bahkan menambahkan, “Barangsiapa yang tidak percaya kepada-Nya, hidupnya akan binasa.”

5. Namai Gambar Ini!

Beri nama bangunan

5. Namai Gambar Ini!

Bocah biasa mungkin akan menjawab soal ini dengan “Persegi, Jajaran Genjang, Trapesium dan Persegi Panjang.” Tapi tidak dengan siswa yang satu ini.

Bocah yang menulis namanya dengan “Hope” ini dengan tegas memberi nama bentuk-bentuk yang ditanyakan dengan semaunya sendiri. Ketika disuruh memberi nama pada bangun datar, dia benar-benar memberi nama pada bangun-bangun tersebut dengan Bob, Sam, Tedison, Cate dan Hary. Salahkah? Bagaimanapun perintahnya disuruh memberi nama kan?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif