Jogja
Kamis, 24 April 2014 - 18:43 WIB

7 Caleg Kades di Bantul Lolos ke Kursi DPRD

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL-Mayoritas mantan kepala desa (kades) yang maju sebagai caleg pada Pemilu 9 April lalu, berhasil merebut kursi DPRD Kabupaten Bantul. Tercatat tujuh mantan lurah lolos sebagai anggota dewan.

Kursi anggota DPRD Kabupaten Bantul periode 2014-2019 bakal banyak diisi kalangan mantan kepala desa. Data yang dihimpun Harian Jogja, tujuh orang mantan kepala desa dari PDIP, Partai Nasdem, Golkar dan Gerindra dinyatakan lolos.

Advertisement

PDIP menyumbang tiga caleg berlatar belakang bekas kepala desa, Partai Nasdem sebanyak dua  orang, Golkar dan Gerindra masing-masing satu orang. Salah satu mantan Kepala Desa Bangunjiwo, Kasihan dari Partai Nasdem Bibit Rustamto mengatakan, partainya hanya memperoleh dua kursi, semuanya berasal dari mantan kepala desa.

Menurut dia, banyak hal yang menyebabkan tingginya keterpilihan mantan kepala desa. Pertama karena mereka telah memiliki basis massa yang kuat, dikenal masyarakat karena lama menjabat kepala desa serta dianggap sudah berpengalaman menjalankan pemerintahan.

“Dengan pengalaman saya bertahun-tahun sebagai kepala desa, saya rasa tidak ada kendala saat duduk nanti,” terang Bibit Rabu (23/4/2014).

Advertisement

Sedianya kata dia, ada tiga Caleg Partai Nasdem yang merupakan mantan kepala desa, namun satu caleg gagal alias hanya dua yang lolos.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif