Jateng
Jumat, 3 Mei 2024 - 20:17 WIB

HUT Semarang, Mbak Ita & Chef Bobon Masak Nasi Goreng di Wajan Raksasa

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu bersama Chef Bobon Santoso saat memasak nasi goreng sebanyak 477 porsi, di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jumat (3/5/2024). (Solopos.com-Antara/Zuhdiar Laeis)

Solopos.com, SEMARANG – Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, bersama Chef Bobon Santoso memasak nasi goreng sebanyak 477 porsi di atas wajan raksasa sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-477 Kota Semarang. Acara memasak nasi goreng itu digelar di Lapangan Simpang Lima, Kota Semarang, Jumat (3/5/2024).

“Nasi goreng ini kan universal, bisa dimakan siapapun. Mulai anak kecil sampai orang tua, orang dewasa,” kata Ita, sapaan akrab Hevearita.

Advertisement

Diakuinya memasak dengan porsi besar seperti itu baru dilakukannya kali pertama. Meski demikian, Ita yakni karena dibantu Chef Bobon yang sudah berpengalaman memasak dengan porsi raksasa.

“Kalau biasanya [saya memasak] porsi maksimal 10, porsinya agak besar. Inipun 477 [porsi] masih sedikit ukurannya. Karena kata Mas Bobon wajannya ini bisa sampai 3.000 porsi,” katanya.

Menurut dia, 477 porsi itu memang disesuaikan dengan usia Kota Semarang yang pada tahun ini genap berusia 477 tahun, dan nantinya nasi goreng itu dibagikan masyarakat secara gratis.

Advertisement

Masyarakat pun telah berkumpul di Lapangan Simpang Lima untuk melihat Ita dan Chef Bobon memasak nasi goreng di wajan raksasa. Terlihat pula sejumlah jajaran OPD dan legislatif, seperti Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Agustina Wilujeng; Ketua PKK Kota Semarang, Alwin Basri, dan anggota DPRD Kota Semarang Dyah Ratna Harimurti.

“Ke depan bisa [memasak] lebih lagi. Saya sudah sampaikan sama Mas Bobon. Karena ini alat-alatnya custom, kami akan menyiapkan jadi sewaktu-waktu mau masak untuk masyarakat bisa,” katanya.

Nantinya, kata Ita, akan ada kegiatan serupa, yakni masak porsi raksasa dengan menu utama untuk pencegahan stunting, gizi buruk, anemia bagi ibu hamil, hingga kurang energi kronis (KEK).

Advertisement

Sementara itu, Chef Bobon Santoso mengagumi Semarang sebagai kota yang seru, indah, dan bersih sehingga membuatnya betah. Ditambah lagi, menurut Chef Bobon kuliner Semarang dikenal enak.

“Semarang selalu seru bagi saya. Kotanya indah dan bersih, makanannya enak semua, kotanya hebat,” kata Bobon yang dikenal juga sebagai Youtuber dan food vlogger tersebut.

Untuk memasak nasi goreng berukuran raksasa itu, ia menggunakan beras sebanyak 100 kilogram yang dirasa cukup untuk 477 porsi, sebab kemungkinan malah bisa sekitar 500 porsi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif