Entertainment
Rabu, 23 April 2014 - 04:41 WIB

KISAH INSPIRATIF : Anak “Pembuat” Film Kontroversial Fitna Masuk Islam

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Iskander dengan sang ayah Arnoud (Khaeejtimes.com)

Solopos.com, SOLO – Iskander Amien De Vrie, anak laki-laki pembuat film Fitna, Arnoud van Doorn, resmi memeluk agama Islam. Warga Negeri Belanda itu menjadi salah satu dari 37 orang yang masuk Islam selama acara Dubai International Peace Convention (DIPC) di Dubai, Uni Emirat Arab.

Keputusannya memeluk agama Islam membuat seluruh penjunjung DIPC tercengang. Wajar memang, mengingat sang ayah Arnoud van Doorn selama ini dikenal luas sebagai pembuat film Fitna yang kontroversial di kalangan umat Islam.

Advertisement

Film Fitna dinilai kaum muslim sangat antiislam. Arnoud van Doorn bahkan sempat dikecam oleh para pemeluk agama Islam akibat film buatannya dinilai telah melecehkan agama Islam.

Dikutip Khaleej Times, Senin (21/4/2014), sebelumnya sang ayah, Arnoud juga telah memutuskan memeluk agama Islam setelah mempelajari Islam secara mendalam. Keputusan ayahnya itulah yang menginspiransi Iskander mengubah keyakinannya selama ini dan mengikuti jejak sang ayah.

Menurut Iskander, sejak ayahnya memeluk Islam, ia melihat banyak perubahan yang terjadi. Ayahnya, menurut Iskander menjadi lebih tenang dan damai dari sebelumnya.

Advertisement

“Saya melihat ayah saya menjadi lebih damai setelah masuk Islam. Saat itulah saya menyadari ada sesuatu yang baik dalam agama ini dan itu membuat saya mengubah persepsi saya tentang Islam. Saya mulai mempelajari Alquran dan rajin menghadiri ceramah agama,” kata Iskander kepada Khaleej Times.

Disinggung mengenai film Fitna, Arnoud menyadari dirinya telah melakukan kesalahan dan menyesali perbuatannya. Ia mengatakan ada kesalahpahaman ketika orang orang menyebutkan dirinya terlibat langsung dalam memproduksi film tersebut. Dalam pengakuannya, sebenarnya ia merupakan distributor film yang hanya bertugas menyalurkan film tersebut.

Lebih lanjut Arnoud mengungkapkan keinginannya membuat sebuah film yang memuat kebenaran tentang Islam dan memperbaiki kesalahannya di masa lalu. Baginya hal itu merupakan sebuah tanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan yang telah ia perbuat. Ia akan mencoba membuat sebuah film kebenaran yang berisi mengenai Islam dan kehidupan Nabi Muhammad saw.

Advertisement

Arnoud kini bahkan menyerukan kepada setiap orang untuk mendukung yayasan Islam yang didirikannya untuk memerangi paham antiislam di kawasan Eropa. Bersama tim sukarelawan, ia bekerja menjembatani kesenjangan pemikiran antara muslim dengan nonmuslim serta mengurangi kesalahpahaman mereka mengenai Islam.

Sedangkan Iskander, anaknya berencana mengunjungi Arab Saudi untuk melakukan umrah dan berharap ibunya juga segera memeluk Islam.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif