News
Rabu, 23 April 2014 - 07:31 WIB

HASIL PEMILU JATENG : Hari Ini KPU Jateng Rekap Penghitungan Suara

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi surat suara (JIBI/Solopos/Dok.)

Solopos.com, SEMARANG–Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, Rabu (23/4/2014) ini akan melakukan rekapitulasi penghitungan suara DPR, DPD, dan DPRD Provinsi Jateng hasil Pemilu Legislatif 2014.

”Penghitungan suara di 35 KPU kabupaten/kota sudah rampung semua, maka mulai besok Rabu [Rabu ini] dilakukan rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Jateng,” kata Komisioner KPU Jateng, Wahyu Setiawan, di Semarang, Selasa (22/4/2014).

Advertisement

Penghitungan suara dijadwalkan berlangsung mulai pukul 09.00 WIB di lantai III, Kantor KPU Jateng, Jl. Veteran, Kota Semarang.
Kali pertama dihitung adalah perolehan suara calon anggota (caleg) DPR, kemudian calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Jateng, dan caleg DPRD Jateng.

”Kami menjadwalkan rekapitulasi penghitungan suara ini selama dua hari, Rabu-Kamis [23-24/4],” imbuhnya.

Jalannya penghitungan suara, lanjut dia, akan dihadiri para saksi dari 12 partai politik (parpol) peserta pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng, dan anggota KPU dari kabupaten/kota.

Advertisement

Wahyu berharap jalannya penghitungan suara berlangsung lancar, tanpa adanya gangguan yang menghambat proses rekapitulasi.
Untuk menjaga jalannaya proses penghitungan suara akan mendapatkan penjagaan dari puluhan aparat kepolisian, baik luar dan di dalam Gedung KPU.

”Selama pemilu, polisi sudah menjaga kantor KPU, tapi untuk penghitungan suara ada penambahan personil,” tandas Wahyu tanpa menyebutkan jumlahnya.

Wahyu menambahkan penetapan caleg DPR, DPD, dan DPRD Jateng terpilih hasil Pemilu Legislatif 2014 akan diumumkan pada 10 Mei mendatang.
”Setelah penetapan kami memberikan waktu sepekan kepada pihak-pihak yang tidak puas mengajukan keberatan,” ungkapnya.

Advertisement

Sementara, Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo, menambahkan tingkat partisipasi pemili pada coblosan Pemilu Legislatif 2014 pada 9 April lalu, cukup baik.

Menurut perkiraan dia, partisipasi Pemilu Legislatif 2014 di Jateng lebih baik dibandingkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013. ”Kami perkirakan tingkat partisipasi Pemilu Legislatif di Jateng sekitar 75 persen,” ujar dia.

Menurut dia, partisipasi masyarakat terbesar di Jateng yakni Kabupaten Temanggung mencapai 85 persen. ”Untuk jumlah pasti partisipasi pemilih di Jateng tunggu setelah rekapitulasi penghitungan suara,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif