Jogja
Rabu, 23 April 2014 - 14:10 WIB

Bau Limbah di Puskesmas Lendah Bisa Disebabkan Kesalahan Pengerjaan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Puskesmas Lendah I menunjukkan rembesan limbah yang menimbulkan bau tidak sedap, Selasa (22/4/2014). (Switzy Sabandar/JIBI/Harian Jogja)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Bau limbah yang muncul di lingkungan Puskesmas Lendah I Kabupaten Kulonprogo bisa disebabkan kesalahan pengerjaan.

Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo, Bambang Haryatno, menuturkan, saat ini sedang dilakukan perbaikan saluran tempat penampungan limbah di Puskesmas Lendah I.

Advertisement

“Ada kemungkinan ini salah di pengerjaan awal, sehingga limbah medis dan rumah tangga jadi satu sehingga tempatnya kepenuhan, tetapi sekarang sedang proses perbaikan dan pemisahan,” terangnya, Selasa (22/4/2014).

Ia menguraikan, idealnya pembuangan limbah terpisah sesuai dengan jenisnya, untuk limbah rumah tangga tetap menggunakan tempat yang lama, sementara limbah medis ditampung dengan menggunakan jeriken. Pengolahan limbah medis, imbuhnya, dilakukan pihak ketiga yang secara berkala mengambil dari puskesmas.

Bambang juga memastikan, kasus seperti ini hanya terjadi di satu puskesmas, karena ia tidak pernah mendapat laporan serupa dari puskesmas lainnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif