Jogja
Selasa, 22 April 2014 - 13:49 WIB

Warga Kulonprogo Makan Ikan 19 Kilogram per Orang per Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Siswa SD Muhammadiyah Nglatihan, Ngentakrejo Lendah mengikuti kegiatan gemar makan ikan di sekolahnya, Senin (21/4/2014)

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tingkat konsumsi ikan di Kulonprogo rendah. Penyebabnya bervariasi, mulai dari tidak terbiasanya masyarakat makan ikan, produksi ikan di Kulonprogo belum mampu mencukupi kebutuhan, hingga persoalan ekonomi yang menghambat masyarakat mengkonsumsi ikan.

Data yang dihimpun dari Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (Diskepenak) Kulonprogo menyebutkan, tingkat konsumsi ikan di Kulonprogo hanya 19 kilogram per kapita per tahun, sementara anjuran dari Kementerian Kesehatan konsumsi ikan masyarakat setidaknya 26 kilogram per kapita per tahun.

Advertisement

Kabid Perikanan Budidaya Diskepenak Kulonprogo, Eko Purwanto, menuturkan, tingkat konsumsi ikan di Indonesia, terlebih Kulonprogo, sangat rendah jika dibandingkan tingkat konsumsi ikan di negara maju,seperti Jepang.

Negeri matahari terbit tersebut memiliki tingkat konsumsi ikan hingga 96 kilogram per kapita per tahun. “Hal itu menjadi salah satu penyebab orang Jepang lebih cerdas,” tukasnya usai menjadi pembicara pada sosialisasi gemar makan ikan di SD Muhammadiyah Nglatihan, Desa Ngentakrejo, Kecamatan Lendah, Senin (21/4/2014).

Menurut dia, pemkab berusaha mensosialisasikan manfaat makan ikan ke seluruh lapisan masyarakat, terutama siswa sekolah, mengingat mereka berada di usia pertumbuhan.

Advertisement

Ia menjelaskan, manfaat mengkonsumsi ikan antara lain, asam lemak omega 3 pada ikan memberi kontribusi yang sehat untuk jaringan otak, mencegah risiko penyakit kardiovaskular atau sakit jantung, menghindari stroke, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, Diskepenak juga menyampaikan kepada masyarakat untuk meningkatkan perekonomian melalui budidaya perikanan, termasuk pengolahan ikan sehingga menu yang tersaji beragam.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif