Pialadunia
Selasa, 22 April 2014 - 10:17 WIB

SERI PIALA DUNIA 2014 : Di Grup G, Sang Favorit Jerman akan Diuji

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ronaldo dan Mario Gomez akan bertemu lagi dalam penyisihan Grup G Piala Dunia 2014. Ist/supersoccer.com

Solopos.com — Di Grup F fase penyisihan Piala Dunia 2014, Jerman tidak hanya favorit juara grup ini namun juga favorit juara dunia 2014. Pada empat turnamen besar terakhirnya–Piala Dunia 2006 dan 2010, Piala Eropa 2008 dan 2012, Jerman selalu maju setidaknya sampai babak semifinal.

Tetapi, Jerman tak bisa menganggap enteng tiga tim lainnya–Portugal, Ghana dan Amerika Serikat–yang satu grup dengannya. Di grup inilah Der Panzer benar-benar akan diuji ketangguhannya.

Advertisement

Pada EURO 2012, Portugal mampu mengimbangi Jerman sebelum kalah tipis 0-1. Demikian juga Ghana yang untuk kali pertama akan bertemu Portugal di Brasil, akan siap membalas kekalahan 0-1 dari Jerman.

Sementara itu di bawah asuhan pelatih Jurgen Klinsmann, AS punya peluang menyamai pencapaian Piala Dunia 2010 untuk maju ke 16 besar.

AS pernah bertemu dengan Ghana pada 16 besar Piala Dunia 2010 yang dimenangi wakil Afrika itu 2-1. Sementara Portugal dan Jerman telah saling bertemu pada tiga dari empat turnamen besar terakhir di mana Jerman selalu menang.

Advertisement

Pada Piala Dunia 2006 Jerman memenangkan perebutan tempat ketiga setelah menaklukan Portugal 3-1, lalu mengandaskan harapan Portugal meraih Piala Eropa dua tahun kemudian dengan menang 1-0 pada perempatfinal EURO 2012.

Dengan catatan seperti ini Ronaldo pun berkata, “Akan bagus jika kami tidak bertemu mereka (lebih awal),” katanya seperti dikutip kantor berita Antara.

Keempat tim setidaknya pernah lolos ke 16 besar Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Kemenangan Ghana dari AS mengantarkan mereka ke perempatfinal untuk kalah adu penalti 3-5 dari Uruguay.

Advertisement

Cristiano Ronaldo (Portugal), Mesut Ozil (Jerman), Landon Donovan (AS) dan Kevin-Prince Boateng (Ghana) adalah di antara pemain yang paling harus diwaspadai di grup ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif